EdukasiKonten Kreatif

Lebaran Bikin Berat Badan Naik, Salah Siapa?

0

Puasa kok bikin berat badan naik sih? Abis lebaran berat badan pasti naik lagi nih.

Kira-kira begitulah yang akan banyak diucapkan banyak orang terutama bagi wanita, terkhusus pada remaja putri yang sangat sensitif jika berkaitan dengan berat badan.

Kenaikan berat badan tidak bisa secara tiba-tiba dan tanpa alasan dibaliknya.  Tentu saja jika kita kilas balik tentang apa yang kita konsumsi dan kita lakukan sebelumnya akan menjadi jawabannya mengapa bisa terjadi kenaikan berat badan.

Pertama, saat berbuka puasa terlalu banyak makan yang mengandung karbohidrat, gula yang tinggi, dan berminyak. Dengan alasan belum makan seharian terkadang membuat kita kalap memakannya melebihi batas wajar. Kedua, tidak menyeimbanginya dengan dengan mengonsumsi buah dan air. Ketiga, kurang gerak dan malas berolahraga.

Bukan hanya saat puasa namun setelah lebaran pun berat badan yang naik akan selalu dipertanyakan. Alasan yang sama, yaitu terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat dan gula, kurang makan buah, dan malas berolahraga.

Beberapa tips untuk menghindari kenaikan berat badan berlebih dan cara menurunkannya.

  1. Kurangi mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, gula yang tinggi, berminyak dan berlemak. Mengonsumsinya terlalu banyak sudah pasti membuat berat badan akan naik.
  2. Konsumsi buah dan sayur. Buah dan sayur akan membuat nutrisi tubuh kita seimbang dan membuat tubuh lebih sehat. Buah juga bisa menjadi alternatif camilan sehat.
  3. Cukupi kebutuhan air putih. Selain untuk mencegah terjadinya dehidrasi, air putih yang cukup turut serta mengontrol berat badan karena ketika kita minum air putih, perut akan mengirimkan sinyal pada otak karena sudah merasa kenyang sehingga kita tidak perlu makan terlalu banyak. Air putih yang cukup juga akan memperlancar proses metabolisme dalam tubuh.
  4. Jangan lupa berolahraga. Melakukan olahraga juga akan membuat berat badan menurun dan stabil. Tidak usah membayangkan olahraga yang berat dan harus pergi ketempat berolahraga yang mahal, berolahraga di lingkungan rumah bahkan didalam rumah pun bisa dilakukan. Contohnya lari di lingkungan tempat tinggal, melakukan push up, sit up, yoga, dan exercise ringan lainnya bisa dilakukan diarea rumah. Cukup rutin melakukannya dan imbangi dengan air yang cukup.
  5. Istirahat yang cukup dan jangan sering begadang. Jika kita kurang istirahat maka tubuh akan semakin banyak memerlukan kalori dan ketika begadang memungkinkan kita untuk mengambil banyak camilan.

Kenaikan berat badan adalah hal yang wajar, jadi tidak perlu terlalu stress memikirkannya. Namun, berat badan yang melebihi batas normal jugalah tidak baik. Jika ingin menurunkan berat badan dengan aman lakukanlah diet sehat dan sewajarnya saja, serta bila perlu konsultasilah telebih dahulu dengan dokter ahli. Stay Healthy!

Kipas Angin Istri

Previous article

TRADISI UNIK SUASANA LEBARAN DI SUMATERA BARAT

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Edukasi