Gentala Arasy, adalah jembatan eksotik yang ada di Kota Jambi. Jembatan ini melintang diatas sungai Batang Hari dan menghubungkan Tepian Tanggo Rajo dengan Jambi Kota seberang. Tepian Tanggo Rajo sendiri merupakan kawasan hijau yang terletak dipinggir sungai Batang Tebo dan Jambi kota seberang adalah sebutan untuk sebuah komunitas masyarakat di kota Jambi. Uniknya jembatan Gentala Arasy tidak membentang lurus seperi  jembatan pada umunya, tapi melengkung membentuk huruf S.

Keunikan lainnya adalah pemilihan nama jembatan tersebut. Gentala Arasy berasal dari 3 suku kata “genta yang berarti suara. Tala berarti keselarasan dan arasy yang berarti menggema ke langit. Jadi makna dari nama Gentala Arasy adalah Bunyi yang selaras menggema ke langit. Gentala Arasy juga merupan akronim dari Genah Tanah Lahir Abdurrahman Sayoeti. Beliau merupakan gubernur Jambi yang menjabat pada tahun 1989-1999.

Jembatan Gentala Arasy sendiri tidak diperuntukan untuk kendaraan, melainkan hanya untuk pejalan kaki. Panjang jembatan 503 meter dan lebaran 4.5 meter. sangat cocok untuk rutinitas olahraga di pagi dan sore hari dan juga sebagai tempat rekreasi karena pada malam hari jembatan ini dihiasi lampu warna warni. Nah, jangan khawatir juga kalau capek dan haus, tersedia juga beragam makanan dan minuman ditaman dekat jembatan.

Selain tempat olahraga dan rekreasi disini juga ada museum yang terletak di menara jam. Terdapat 100 koleksi kebudayaan jambi yang bisa dilihat dan dipelajari. Paket lengkapkan! Tidak hanya eksotik tapi juga sarana edukasi dan tempat olahraga. Asupan jiwa dan raga terpenuhi. silahkan berkunjung.

(Sulas_Blogger DD Sumbar)

Nu Rock (Hip Rock) Indonesia era 90-an

Previous article

Sumpah Pemuda; Apakah Masih Digunakan atau Sekadar Pajangan?

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.