Dokumentasi pribadi Sulassky

Selamat tahun baru, gimana nih resolusi 2022, sudah tercapai belum? Semoga sudah ya. Meskipun belum semuanya  tercapai, tidak apa-apa. Iklaskan dan maafkan! lanjutkan pada tahun 2023. Tahun Baru, Semangat Baru.

Saya akan bercerita tentang perjalanan dalam rangka pergantian tahun. Perjalanan dimulai pada tanggal 30 Desember 2022. Berangkat dari Payakumbuh menuju alahan panjang. Perkiraan cuaca dari BMKG menyebutkan akan ada hujan lebat dan angin kencang beberapa hari ke depan. Tempat yang akan dituju adalah Danau Talang. Menurut informasi dari Pokdarwis Danau Talang cuaca disana hujan dan berangin sesuai dengan prakiraan BMKG. Tapi di Payakumbuh saat itu cuaca cukup mendukung, sedikit berawan tapi tidak ada angin kencang.

Saya berangkat sekitar pukul 15.00 WIB dari Payakumbuh menuju Kota  Bukittinggi. Sampai di kota Bukittinggi sekitar pukul 17.00 WIB. Di Bukittinggi kita membeli perlengkapan dan ransum untuk camping dan berangkat lagi menuju Alahan Panjang sekitar pukul 19.00 WIB. Kami menempuh perjalanan melalui kota Padang Panjang, menyusuri Danau singkarak, kota Solok dan sampai dikota Solok sekitar pukul  22.00 WIB hujan dan badai mulai terjadi. Kami memutuskan untuk berhenti Karena keselamat nomor satu sesuai moto keselamatan pecinta alam.  Hujan dan badai berhenti sekitar pukul 24.00 WIB, tidak memungkinkan melanjutkan perjalanan karena sudah terlalu larut malam dan info dari Pokdarwis Danau Talang saat dihubungi di lokasi camping masih badai. Kami memutuskan untuk menginap di penginapan terdekat.

Sabtu, 31 Desember 2022 sekitar pukul 11.00 WIB kami melanjutkan perjalanan menuju Danau Talang, hari itu cuaca cukup cerah dan sampai di Camp Area sekitar pukul 14.00 WIB. Tiket distribusi camping di Danau Talang Rp.15.000/orang dan perlengkapan camping disiapin sendiri. Alternatif lain yang ditawarkan adalah penginapan dan Villa. Kami memilih Camping karena akan lebih asik karena lokasinya tepat dipinggir Danau Talang.

Cuaca kembali memburuk, angin dan hujan datang dan reda bergantian, tidak banyak yang bisa dilakukan. Amannya adalah berdiam di dalam tenda sembari mendengarkan suara alam. Sore hingga malam pergantian tahun Alhamdulillah cuaca cerah. Langit berbintang dan tidak ada lagi angin kencang. Bonus terang bulan. Meski langit tidak dihujani dengan kembang api, tapi hikmatnya pergantian tahun ditepi Danau Talang sungguh mengagumkan.

Selamat datang 2023. Dengan segenap suka cita dan harapan yang sudah dilangitkan lewat doa, semoga 365 hari berjalan sesuai harapan. Pun, jika tidak sesuai harapan kita  harus tetap menjaga semangat, tetap berdamai dengan keadaan dan menjalani kehidupan dengan tenang dan senang.

Sulassky 2023

Perkembangan Suku Di Minangkabau

Previous article

Suku Koto di Minangkabau

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *