Umum

Ini loh, 5 Flim Kemerdekaan Yang Dapat Menumbuhkah Rasa Nasionalisme Kamu!

0

Halo sahabat damai!, ketika kita menempuh pendidikan umun tingkat SD hingga SMA pasti kita semua kenal dengan mata pelajaran yang bernama “Sejarah”. Pelajaran ini sangat penting bagi generasi muda agar dapat mengetahui bagaimana napak tilas Bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari tangan penjajah.

Tokoh proklamator kita bapak Ir. Soekarno pernah berkata “Jangan Pernah Melupakan Sejarah” (Jasmerah). Kata-kata tersebut menurut penulis memberikan pesan tersirat kepada anak bangsa untuk senantiasa mempelajari sejarah lebih dalam agar nantinya kita tau dan mengerti bagaimana arti sebuah perjuangan, persatuan serta tertanam nya jiwa Nasionalisme dalam hidup berbangsa dan bernegara.

Banyak buku-buku yang telah menuliskan perihal sejarah masa lampau, akan tetapi untuk menumbuhkan rasa nasionalisme yang kuat terkadang tak haya bisa didapat dari sekedar membaca buku, namun bisa juga dengan menonton flim. Loh kok gitu? karena dengan menonton flim ada pesan visual secara nyata yang bisa dilihat dengan mata, setiap scene yang ditampilkan dapat membawa seseorang seolah berada didalam kehidupan tersebut. Ini tentu dapat membuat penonton lebih mengerti serta hormat kepada para pendahulu yang telah mengorbankan jiwa dan raga demi tegaknya ibu pertiwi. Berikut inilah 5 Flim kemerdekaan yang menurut penulis dapat menumbuhkan rasa nasionalisme kamu!

  1. Triologi Merdeka

Flim ini terbagi dalam 3 part, yaitu Merah Putih (dirilis pada tahun 2009), Darah Garuda (2010) dan Hati Merdeka (2011). Adapun flim tersebut disutradarai oleh Yadi Sugandi serta dibintangi oleh sejumlah aktor utama yaitu Lukman Sardi (sebagai Amir) Darius Sinathrya (sebagai Marius) Donny Alamsyah sebagai (Tomas) Teuku Rifnu Wikana (sebagai Dayan) Rahayu Saraswati (sebagai Senja). Adapun flim tersebut diproduksi oleh kolaborasi Media Desa Indonesia Margate House milik Hashim Djojohadikusumo (adik dari Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto)

Dengan semboyan “Merdeka Untuk Bersatu” flim ini menceritakan tentang kisah heroik 4 tentara Indonesia melawan Belanda dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia pada Tahun 1947. Masing-masing aktor diperankan memiliki latar belakang yang berbeda baik itu Suku,Ras dan Agama. Ini menjadi menarik karena kemasan dalam flim tersebut memberikan pelajaran berupa arti perjuangan dengan semangat persatuan, toleransi serta kerjasama tim yang baik untuk mengalahkan penjajah. Apabila kamu menonton Triologi Merdeka ini secara full, penulis jamin kamu akan merasakan euforia bagaimana nikmatnya hidup dengan semangat persatuan tanpa membedakan atau memandang rendah suatu golongan. Pastinya ini bakalan menumbuhkan rasa Nasionalisme kamu!.

2. SOEKARNO

Flim ini dirilis pada 11 Desember Tahun 2013, disutradarai oleh Hanung Bramantyo dengan aktor utama Ario Bayu (sebagai Soekarno), Lukman Sardi (sebagai Mohammad Hatta), Tanta Ginting (Sebagai Sutan Sjahrir), Tika Bravani (Sebagai Fatimah Istri ke 3 Soekarno).

Alur ceritanya berupa biografi perjalanan hidup Soekarno mulai dari masa remaja (yang masih bernama Kusno) hingga sampai disaat ia terjun kedalam dunia politik yang berakhir dengan pembacaan naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Jika menonton flim ini kamu akan melihat bagaimana arti pentingnya musyawarah untuk sebuah mufakat, serta bagaimana sikap kita sebagai seorang pemimpin. Dengan pengambilan gambar, editing serta pemakaian musik yang bagus membuat seolah kita merasakan bagaimana tegang dan harunya sang proklamator dan masyarakat tempo dulu berjuang dalam menghadapi penjajah!.

3. KARTINI

Flim ini dirilis pada 19 April 2017, brcerita tentang perjuangan seorang Raden Ajeng Kartini (yang diperankan oleh Dian SastroWardoyo) dengan tumbuh serta melihat secara langsung ibunya yang bernama Ngasirah (diperankan oleh Crhistine Hakim) menjadi orang terbuang di rumahnya sendiri. Hal ini terjadi dikarenakan tidak memiliki darah ningrat yang membuatnya menjadi seorang pembantu. Sang ayah bernama Raden Sosroningrat (diperankan oleh Dedi Sutomo) yang sangat mencintai anak gadisnya itu tidak berdaya melawan tradisi yang sudah turun temurun.

Sepanjang perjalanan hidupnya, Kartini berjuang untuk menyetarakan hak bagi semua orang baik ningrat ataupun bukan. Terutama hak pendidikan untuk perempuan, Bersama kedua saudarinya yang bernama Roekmini (Diperankan Oleh Acha Septiasa) dan Kardinah (diperankan oleh Ayusitha), Kartini berjuang mendirikan sekolah untuk kaum miskin dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi semua masyarakat Jepara. Menonton flim ini, kamu akan mengerti dengan jelas makna dari “Emansipasi Wanita”.

4. Battle Of Surabaya

Flim animasi drama 2D yang cocok untuk anak-anak ini diproduksi oleh MSV Pictures yang merupakan karya dari Aryanto Yuniawan. Alur ceritanya berupa sebuah kisah petualangan Musa, remaja tukang semir sepatu yang menjadi kurir bagi perjuangan pejuang arek-arek Suroboyo dan TKR dalam peristiwa pertempuran dashyat 10 Novermber di Surabaya.

Karakter Musa dipercaya sebagai kurir surat dan kode-kode rahasia yang dikombinasikan dengan lagu-lagu keroncong dari Radio Pemberontakan Rakyat Indonesia yang didirikan oleh Bung Tomo. Berbagai peristiwa dilalui Musa berupa kehilangan harta dan orang-orang yang dikasihi. Menonton flim ini memberikan pelajaran bagaimana semangat rela berkorban demi negara yang dicintai. Tentu ini sangat baik sebagai sarana untuk edukasi kepada generasi penerus bangsa terutama anak-anak.

5. Guru Bangsa Tjokroaminoto (2015)

Merupakan flim drama Indonesia yang dirilis pada tahun 2015 yang disutradarai oleh Garin Nugroho dengan aktor utama Reza Rahardian yang berperan sebagai Hos Tjokroaminoto. Alur ceritanya berupa perjuangan HOS Tjokroaminoto dalam melawan penjajahan serta perjuangan menyamakan hak dan martabat masyarakat Indonesia yang terjajah.

Tjokroaminoto rela untuk meninggalkan status kebangsawanannya dan lebih memilih bekerja sebagai kuli pelabuhan untuk merasakan sakitnya penderitaan sebagai rakyat jelata. Selain itu diceritakan juga bagaimana Tjokroaminoto tumbuh menjadi guru dari para pemimpin pergerakkan seperti Soekarno, Semaoen dan Alimin. Dilihat dari visual dan artistik, flim ini menurut penulis yang menonton merasakan bagaimana atmosfer nya zaman dahulu serta mendapatkan pelajaran bagaimana bentuk pengabdian kita kepada Negeri.

Nah sahabat damai, itulah 5 rekomendasi Flim Kemerdekaan yang penulis nilai dapat membangkitkan rasa nasionalisme kamu. Jika teman-teman semua ada Flim lain boleh sharing ya dikolom komentar. Mohon maaf apabila kekurangan dan salah kata. Sampai jumpa di tulisan selanjutnya!

Ar Rafi Saputra Irwan
Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Anggota Duta Damai Dunia Maya Sumatera Barat

NUZULUL QUR’AN DAN NILAI-NILAI UNIVERSALNYA

Previous article

Mungkin Inilah Urgensi Penangkapan Munarman

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Umum