Gambar Jurnal Post
Umum

Catat! Ini Tips Buat Kamu Yang Ingin Membuka Bisnis Online

0

Haloo teman-teman semua , ketika kita ingin memulai membangun usaha terkadang kita itu pasti dirasa kebingungan . Adapun yang terlintas di pikiran kita ialah Bagaimana ya usaha cepat laku ? Bagaimana ya caranya agar usaha ini berjalan mulus?

Nah beberapa waktu lalu penulis sempat hadir dalam acara Mulut Ke Mulut yang diselenggarakan oleh Himpunan Pengusaha Muda Indonesia serta Haluaneo bertempat di HHUB Working Space Basko Hotel.

Adapun pembicara dalam talkshow ialah Martina Ningsih (Founder Martinture) , Siti Aulia Husna (Founder Glory Online Store) , Stefani Bahirman (Owner Bakso Bakar Bunda) dan Yuliandri Jasmine (Direktur Operasional PT Asank Buana Ventura).

Untuk itu penulis bakalan share nih tips-tips buat kamu yang ingin memulai untuk menjadi pengusaha dirangkum dari pernyataan 4 pembicara di atas ya . 

1.    Tentukan passion kamu dalam merintis karir sebagai pebisnis

Apa kah kamu cocok untuk berbisnis kuliner , atau cocok untuk berbisnis Fasion  dll).  Hal ini bertujuan agar kamu lebih Nyaman dengan aktivita bisnismu karena dilakukan sesuai dengan kompetensimu .

2.    Utamakan untuk berpikir bagaimana cara menghasilkan Produk yang baik bukan bagaiman cepat laku  .


Tidak bisa di pungkuri ketika seseorang ingin merintih karir untuk berbisnis kerap terlintas di pikiranya upaya  bagaimana suatu produk cepat laku , hal ini bisa dipastikan keliru karena jika produk dihasilkan benar-benar bagus otomtis produk akan cepat laku . Jika terpedaya dengan ambisi bagaimana produk cepat laku kita pasti akan lalai perihal kualitas produk , tentu ini akan menjadi boomerang tersendiri bagi pebisnis pemula.

3. Miliki Prinsip Tidak Tega Apabila Berbisnis Dengan Teman!

Terkadang dalam aktifitas bisnis pebisnis merasa tidak enakan atas kerja mitra yang buruk.  Hal ini terjadi dikarenakan rekan kerja tersebut merupakan teman baik diluar bisnis , Kamu harus bisa memilah mana teman , mana bisnis agar kamu tidak terpedaya dan akhirnya membuat bisnis kamu tersebut jatuh.

4. Memanfaatkan Platfrom Market Online

Adapun platfrom market online terpercayas eperti Tokopedia , Buka Lapak , Lazada Dll. Ini sebagai bentuk strategi pemasaran agar produkmu dilihat oleh calon konsumen , dengan status terpercaya tentu akan membuat masyarakat yakin dengan produk yang kamu tawarkan.

5. Jika Kamu Menggunakn Media Sosial , Lihatlah Waktu Yang Pas Untuk Mengupload Konten Produk .

Salah satu usaha yang dilakukan pebisnis dalam pemasaran produk ialah dengan mengunakan platform media social , nah agar prouk kamu bisa dilihat oleh banyak orang maka kamu harus mengatur jadwal kapan produk kamu itu akan diupload . Contoh masyarakat banyak mengakses media social pada jam istirahat makan siang atau sebelum tidur , maka kamu mengupload konten pada saat itu agar impresi postinganmu baik.

6. Jangan Bergantung Kepada Endorsement Artis

Kebanyakan dari pebisnis apabila memilih cara untuk membrending produk salah satunya melalui endorse ke beberapa artis atau public Figure. Pebisnis kerap berpikir dengan cara itu produk akan terlihat wah dan diminti banyak orang , padahal belum tentu itu akan terjadi . Endorsement Artis memang akan membuat produkmu meningkat namun dalam jaka pendek bukan jangka panjang . Rata-rata paling lama itu hanya berlaku satu tahun habistu semuanya akan redup , karena dasarnya followers artis itu pingin membeli hanya karena penasaran bukan karena minat . Jadi hal yang dilakukan tetap jaga kualitas produkmu agar bisa bertahan jangka panjang.

7. Jangan membeli followers!

Eits!! perlu diketahui nih teman-teman dengan membeli followers tidak menjamin usaha kamu bakal berjalan dengan lancar . membeli followers berarti membohongi calon konsumen , ketika memiliki followers banyak akan tetapi itu fiktrif tidak akan berpengaruh terhadap Income bisnis .Pada zaman sekarang ini masyarakat tidak semuanya yang Gaptek! mereka bisa saja melihat mana followers asli , mana yang palsu . Jika ketahuan folloewers itu hasil beli tentu calon konsumen akan berpikir negative terhadap suatu produk tentu hal ini bukan membuat Income naik kan tetapi jauh lebih buruk dari yang di Bayangkan. Salah satu hal terpenting ketika berbisnis online ialah kualitas produk sedikitpun pengikut di social media namun produk yang dijual benar-benar bagus serta memuaskan konsumen, maka Income pasti akan tetap naik. Lancarnya penjualan bukan hanya dilihat dari banyaknya pengikut akan tetapi kualitas ditambah dengan rekomendasi dari para konsumen yang puas dengan produk.

8. Merangkul Pembeli Yang Merasa Puas dengan Produkmu

Merangkul Pembeli Yang Merasa Puas dengan Produkmu
Ketika kita berbisnis cakupan online pastinya dong produsen meminta testimoni dari konsumen , nah ! jika tanggapan balik dari konsumen mu itu bagus dan pelanggan menyatakan puas , maka kamu harus memanfaatkan momen itu untuk merangkulnya , bangunlah suatu pendekatan emosional agar pelanggan bersifat empati dilain hal kamu memperkanalkan produkmu yang baru . Tentu jika hubungan emosional antara produsen dan konsumen kuat , maka konsumenmu pasti akan membantumu dalam promosi mulut ke mulut yang berdampak naiknya income serta kepercayan masyarakat terhadap produkmu.

Nah berikut tips buat kamu yang saat ini tengah ingin membangun sebuah bisnis online, semoga tips-tips ini bisa membantu ya!.

Ar Rafi Saputra Irwan
Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Anggota Duta Damai Dunia Maya Sumatera Barat

Gelar Adat; Legitimasi bagi Keberadaan suatu Kaum Di Minangkabau

Previous article

Hari Puisi Nasional dan Mengenang Sosok Chairil Anwar

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Umum