Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, perdamaian adalah penghentian permusuhan atau persilisihan dan sebagainya.  Perdamaian dunia diartikan sebagai gagasan perdamaian, kebebasan, dan kebahagiaan bagi seluruh negara.  Perdamaian dunia dilakukan melalui hak asasi manusia, teknologi, kesehatan, pendidikan, hingga mengakhiri semua pertikaian yang terjadi diseluruh dunia. Perdamaian dunia dapat tercapai bila seluruh negara berada dalam satu imperium dengan undang-undang yang seragam bagi semua negara.  Perdamaian dunia bagi sebuah negara adalah hal yang penting untuk kemajuan bangsanya.

Hal ini karena perdamaian dunia memiliki andil besar dalam terwujudnya kemajuan sebuah bangsa. Jika perdamaian dunia terwujud, setiap negara mampu melaksanakan tugasnya sendiri, yaitu dengan menjaga kestabilan ekonomi, kestabilan politik, hubungan internasional yang baik, ataupun keamanan yang ada. Perdamaian dunia dan perkembangan negara Lalu, apa arti perdamaian dunia bagi perkembangan suatu negara? Penerimaan hak orang lain Penerimaan hak orang lain adalah kategori yang dirancang untuk lembaga formal yang menjamin hak-hak dasar serta kebebasan sosial dan budaya informal. Selain itu juga norma-norma yang berhubungan dengan perilaku warga negara. Contohnya, di Amerika ada persatuan untuk orang-orang yang termarginalisasi. Orang-orang yang termaginalisasi ini adalah orang kulit hitam, latino, dan orang-orang yang tidak berkulit putih. Orang-orang ini cenderung didiskriminasi karena warna kulit mereka sehingga terbentuklah sebuah persekutuan untuk mencegah terjadinya hukuman yang tidak adil bagi orang-orang yang tidak berkulit putih.

Selain itu, korupsi juga dapat merusak perdamaian di sebuah negara dan dapat meningkatkan kesenjangan antara masyarakat dan pemerintah, sehingga merusak perdamaian. Menjaga kestabilan politik Dengan adanya perdamaian dunia, sebuah negara lebih memiliki kemampuan untuk menjaga kestabilan politik sebuah negara. Jika politik yang ada di sebuah negara tidak benar, maka hal itu dapat memicu ketegangan politik antarnegara serta politik luar negeri. Menjaga kestabilan ekonomi Dengan adanya perdamaian dunia, sebuah negara tidak perlu khawatir akan adanya ketidakstabilan ekonomi yang ada akibat perang-perang yang dipicu oleh ketegangan politik luar negeri. Salah satu bentuk nyata dari ini adalah terjadinya perang Ukraina dan Rusia. Perang tersebut memengaruhi semua negara karena Rusia adalah salah satu negara adidaya yang memiliki kontrol akan minyak. Selain itu, Rusia juga merupakan negara pegekspor minyak ke seluruh dunia. Oleh karena itu, ketika terjadinya perang, banyak harga minyak yang meningkat.

Gita Ivani Gresela Waruwu

Tuhan Semesta Alam

Previous article

APAKAH KITA ANAK MUDA AKAN SELALU BERJANJI?

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Edukasi