Ponsel adalah benda yang membuat banyak orang ketergantungan dengannya. Dari anak-anak hingga orang dewasa mayoritas orang menggunakan gadget karena fungsinya yang cukup bermanfaat bagi pekerjaan manusia. Kita dapat menjelajahi dunia dalam sekejap dan mempelajari banyak hal yang sangat mudah diakses dengan ponsel, karena kecanggihanya tersebut membuat orang menjadi ketergantungan sehingga  berdampak buruk pada penggunanya, oleh karena itu ayok kita gunakan ponsel dari sisi positifnya seperti berikut ini:

1. Kurangi Bermain Game

Bermain game sangat menyenangkan dan menarik, tetapi jika kita ketagihan, kita akan lupa waktu dan mengabaikan tanggung jawab kita. Anak sekolah adalah salah satu yang paling sering menderita kecanduan video game, yang menyebabkan mereka mengabaikan pendidikan mereka. Proses belajar siswa sering dirugikan dengan bermain game; misalnya, mereka mungkin begadang bermain game yang mengakibatkan kelelahan di sekolah selama proses pembelajaran. Akan ideal untuk membatasi berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk bermain game dengan menjadwalkannya, membatasi jumlah waktu yang Anda habiskan untuk bermain, dan hanya menggunakannya setelah Anda menyelesaikan tanggung jawab Anda yang lebih penting.

2.  Download Aplikasi Yang Berguna Saja

Ada begitu banyak aplikasi yang dapat kita unduh di perangkat kita yang menarik untuk digunakan, tetapi memiliki sedikit manfaat. Akan lebih baik jika kita hanya mengunduh aplikasi yang lebih memberikan layanan pendukung dan mempermudah pekerjaan kita daripada hanya aplikasi yang mengutamakan fungsi hiburan.

3. Jauhkan Gawai Sebelum Tidur

Kebanyakan orang ketika ingin tidur mereka tetap menggunakan gadget mereka, yang menyebabkan mereka lupa waktu. Apalagi jika mereka menggunakannya untuk membuka media sosial dan game, yang memakan waktu sehingga membuatnya  lupa waktu sehingga begadang, serta notifikasi media sosial yang membuatnya terbangun dan penasaran untuk memeriksanya. Akan sangat ideal jika kita meletakkan perangkat sedikit lebih jauh dari tempat tidur, membuat kita cenderung tidak menggunakannya.

4.Hapus Aplikasi Yang Tidak Penting

 Terkadang kita memiliki aplikasi yang tidak begitu penting namun kita tetap menyimpanya sehingga tanpa kita sadari itu merugikan kita sendiri. Jika kita memilki banyak aplikasi yang tidak penting dan tidak memberikan manfaat untuk perkembangan kita ada baiknya untuk menghapus aplikasi tersebut dan meningalkan yang penting-penting saja yang dapat menunjang kemampuan kita .

5. Jangan Menggunakan Gawai Terlalu Dekat Dengan Mata

Seperti yang kita ketahui bahwa gawai memiliki sinar radia yang dapat merusak mata oleh karena itu disarankan untuk menjaga jarak aman dari mata.

6. Jangan Mengkikuti Trend Yang Tidak Penting

Ada begitu banyak trend-trend yang tersebar di sosial media yang membuat orang-orang ingin mengikutinya yang sebenarnya tidak begitu penting. Contohnya membuat video trend healing ke suatu tempat, karena banyak yang bikin kita jadi bikin juga untuk kepentingan media sosial.

Yuk ambil nilai-nilai positif dari ponsel dan tinggalkan sisi negatifnya!

Moderasi Beragama sebagai salah satu Gerbang Menuju Kerukunan

Previous article

Semangat Kebangkitan Nasional

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Edukasi