Edukasi

TIPS PINTAR MENGHINDARI HOAX

0

By Ivanium Basmai
Hoax adalah berita bohong atau informasi palsu yang sengaja disebarkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang bertujuan untuk menimbulkan kepanikan dan kebingungan dikalangan masyarakat. Hoax dapat menggiring masyarakat untuk melalukan ujaran kebencian bahkan konflik antar masyarakat. Apabila berita bohong atau hoax terus-terusan muncul dan di ulang ulang maka lama kelamaan masyarakat akan mempercayai berita tersebut.


Di zaman sekarang ini sangat banyak sekali berita hoax yang kita temukan di sekitar kita terutama di media sosial seperti facebook , instragram, Whatsapp dan tiktok. Lalu bagaimanakah cara kita sebagai masyarakat yang cerdas dalam menanggapi berita-berita hoax tersebut yang mana hal ini sangat marak sekali kita temukan di kehidupan kita sehari-hari karena kita merupakan pengguna sosial media.


Berikut ini adalah beberapa tips pintar yang dapat kita lakukan agar terhindar dari berita hoax:

  1. Cek Narasumber
    ketika kita menerima berita dari sosial media seperti Facebook , Instagram WhatsApp dan Twitter , jangan langsung fokus ke beritanya atau langsung membagikanya ke orang lain, cobalah untuk melihat dari mana beritanya berasal , karena biasanya berita hoax atau bohong tidak mencantumkan nama penulis atau narasumber dan terkadang hanya memberikan nama palsu yang ambigu.
  2. Jangan Mudah Tergiur dengan Judul yang Provokatif
    Biasanya pembuat berita hoax akan menggunakan judul yang tidak biasa atau sensasional yang bertujuan menarik pembaca untuk membaca berita tersebut, biasanya judulnya langsung mengarah ke permasalahan yang dihadapi oleh suatu pihak maupun organisai. Untuk menghindari potensi hoax seperti ini coba untuk melihat berita atau informasi tersebut melalui sumber-sumber yang bebeda dan terpercaya, salah satu contohnya blog dari Duta Damai.
  3. Perhatikan Tanggal Kejadian serta Kapan berita tersebut Ditulis
    Terkadang berita hoax bisa muncul dari berita fakta yang sudah lama yang mana berita atau kejadian tersebut sudah sangat lama terjadi , bahkan sudah dulupakan oleh masyarakat , namun pembuat hoax akan membuat seolah-olah berita tersebut baru saja terjadi dengan mengganti informasi waktu dari kejadian yang ada di dalam berita tersebut.
  4. Perhatikan Gambar yang Dikirim
    Biasanya sang pembuat hoax akan menggunakan gambar-gambar yang tidak biasa yang sangat menarik untuk dibaca informasi dari gambar tersebut. Pengguna hoax biasanya memanfaatkan gambar tersebut untuk membuat berita palsu versi dirinya sendiri , seringkali gambar yang diambil berbeda dengan kejadian yang sebenarnya ada pada gambar tersebut dan tidak jarang juga ditemukan jika gambar yang digunakan untuk berita tidak memiliki kaitan apapun dengan berita yang disampaikan , misalnya gambar yang dijadikan sebagai cover berita adalah hewan aneh atau langka namun berita yang dibuat oleh pembuat hoak adalah iklan dari suatu produk. Salah satu cara untuk mengetahui kebenaran dari suatu gambar yaitu dengan cara menggunakan mesin pencari google , yaitu dengan melakukan drag-and-drop ke kolom pencarian google images. Hasil dari pencarian tersebut akan menyajikan gambar-gambar yang sama dengan gambar yang di upload , sehingga kita bisa membandingkan keaslian dari gambar tersebut
  5. Baca berita secara menyeluruh
    Sebagian besar orang-orang yang terjebak berita hoax adalah orang-orang yang terpancing dengan judul atau paragraf pertama dari berita tersebut dan malas untuk membacanya sampai habis sehingga mendapatkan informasi yang setengah-setengah , baiknya baca berita tersebut secara menyeluruh dan memahami keseluruhan isi berita tersebut.

Itulah beberapa tips yang dapat saya bagikan kepada teman-teman , semoga kita bisa menjadi pengguna sosial media yang cerdas yang tidak mudah membagikan dan termakan berita hoax.

dutadamaisumbar

KEARIFAN LOKAL MINANGKABAU: MENGENAL TARI GALOMBANG

Previous article

HOW TO IMPROVE ENGLISH SPEAKING SKILLS

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Edukasi