Edukasi

RAMADHAN PRODUKTIF : PART 2

0

Hallo sobat damai, kembali lagi pada pembahasan ramadhan produktif part 2, yang belum baca part 1 mimin sarankan untuk baca dulu ya karna poin untama ramadhan semuanya jelas tertera pada part 1.

Buat yang udah baca yok kita lanjut part 2.

Oke langsung aja ke pembahasan, apa aja sih yang bisa kita lakukan dalam program produktifitas salama ramadhan?

4. Ikut Kegiatan Online

Masa kini seluruh kegiatan kebanyakan full remote, mulai dari pelatihan, volunteer bahkan organisasi sekalipun. Selain membuat kita terhindar dari kemalasan, kegiatan ini juga membuka wawasan kita terhadap suatu perpektif bahkan juga menambah pergaulan kita yang biasanya kalo offline hanya sekitaran saja dan pada kesempatan online ini kita bisa dapet temen dari sabang sampai marauke, bahkan bisa dapet jodoh juga bagi yang beruntung. Keren gak tuh? Hehehe

Trus dapet info pendaftarannya dimana kak?

Aduh banyak banget nih yang katanya punya smartphone tapi belum smartpeople. Jangan sampe ya kita masuk kategori demikian, wkwk. Kalo kata mentor mimin nih, jangan sampe kalah sama teknologi, masa akses udah mau 5G kitanya masih 3G hehe jangan dong.

Untuk dapetin informasi pelatihan, volunteer dan apapun jenis kegiatannya bisa dari akun social media manapun, di Instagram ada, di TikTok apalagi, di Facebook buanyak banget, Telegram kebanyakan malahan.

Nah kembali lagi, apapun kegiatannya kita harus memilah, baik dari segi payment, time, kegiatan bahkan purpose nya seklaipun harus jelas dan detail kita ketahui sebelum mendaftar. Tujuannya agar kegiatan ini bisa memberikan kita wadah untuk tumbuh bukan malah membuat kita menghindari kemalasan tetapi hanya menghabiskan waktu secara percuma aja.

5. Ikut Kelas Online

Bagi para pelajar se-dunia mungkin udah pada bosen kali ya belajar online wkwk. Eitss tapi biasanya kalo pelajaran dan pembahasannya kita suka, gak akan ada kata bosen malahan pengen terus, iya kan genggs?

Kelas online yang mimin maksud itu bukan kelas sekolah biasa yang kelas-kelasnya terlalu pro-aktif yang biasanya kalo di Indonesia cenderung didominasi oleh guru dan siswa cenderung meng-iya-kan segala materi yang dipaparkan, entah itu karena benar-benar paham atau hanya ingin jam pelajaran segera berlalu.

Kelas online yang dimaksud adalah kelas produktif dalam mengisi waktu luang, bisa kelas masak, kelas menulis, kelas design grafis, dan banyak kelas lainnya. Oiya, kelas-kelas ini cenderung berbayar ya sobat damai, inget ilmu mana ada sih yang gratis. Haha

Tapi ga ada salahnya dong kita sisihkan sedikit uang jajan kita untuk mengikuti kelasnya. Kelasnya juga sangat bermanfaat tentunya bagi masa depan depan kita, upaya mengasah dan mempertajam skill kita di masa depan.

6. Belajar Bahasa

Bahasa adalah modal kita untuk bisa keliling dunia, kalau untuk mencari lokasi kita udah dipermudah dengan akses maps di internet, tapi kalo Bahasa masa iya setiap kali harus berinteraksi sama bule kita buka google terjemah? Kan gak mungkin, ya kali si bule mau nungguni kita mau jawab beberapa menit setelahnya.

Cara paling ampuh adalah mempelajari bahasanya itu sendiri, gak harus selalu berbayar sekarang belajar bisa dimana aja asalkan terkoneksi internet. Kembali lagi, seluruh situs social media bahkan aplikasi tertentu udah menyediakan layanan termudahnya dalam memberikan materi pembelajaran bahasa bagi siswanya. 

Dengan di rumah aja kita bisa mengembangkan produktifitas dengan belajar bahasa. Itung-itung sedang menabung, kan lagi pandemi kita gak bisa keliling dunia nah nanti pas masa pandemi berakhir kita tinggal pergi aja gak perlu cari penerjemah dalam perjalanan wisata kan lumayan bisa hemat dikit hehe

7. Jadi Freelancer

Beberapa kegiatan yang mimin rekomendasikan di atas mungkin akan sedikit mengkocek kantong, tapi yang ini beda banget karna kegiatan ini akan membuat kantong tebal, haha. Lumayan buat beli baju lebaran.

Menjadi seorang freelancer akan membuat kita sangat produktif dan bahkan membuat kita benar-benar menghargai waktu, karna biasanya kebanyakan freelancer dikejar deadline, hahaa.

Banyak sekali macam freelancer yang bisa sobat damai daftar, mulai dari content writing, design grafis, photographer,  bahkan jadi penyiar radio sekalipun.

Nah disinilah wadah sobat damai untuk mengembangkan skill yang sobat damai miliki dan karya sobat damai akan dihargai dengan jutaan nilai rupiah sekalipun.

Gimana? Lumayankan sambil menunggu beduk nyari duit dulu tapi cuma dirumah aja gak bikin baju kotor dan takut tertular virus corona.

Nah itu dulu ya tips produktifitas anti males-males club yang wajib sobat damai lakukan selama ramadhan. Tunggu untuk tips produktif part 3  ya.

Husnul Hayati
Writing is a place for growing up.

    Hanya karna Kurma!!! Jangan Jadikan Islam agama Terbelakang

    Previous article

    Antara Buku dan Minat Baca

    Next article

    You may also like

    Comments

    Leave a reply

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    More in Edukasi