Edukasi

RAMADHAN PRODUKTIF : PART 1

0

Hallo sobat damai, gak kerasa udah satu pekan kita malaksanakan ibadah puasa pada bulan Ramadhan. Kira-kira sobat damai terjebak dalam kemalasan karna lelah berpuasa atau justru lebih produktif  saat berpuasa nih?

7 dari 10 orang berpuasa cenderung tidak bisa melawan kemalasan yang ada saat berpuasa, padahal faktanya saat kita produktif dalam berkegiatan selama berpuasa akan membuat waktu terasa cepat terlewati.

Tidur saat berpuasa nyatanya memang berpahala, namun tidur yang di sunnah-kan oleh Rasulullah bukan tidur yang full dari sahur sampai berbuka. Nah, sobat damai jangan sampai salah kaprah ya sobat damai

Bulan puasa adalah waktunya kita untuk re-charger segala energi dan ilmu keagamaan yang kita miliki sebelumnya. Mungkin hari-hari biasanya kita terlalu sibuk dengan urusan dunia, nah inilah waktu yang sangat tepat untuk kita memperdalam dan  menambah wawasan dalam keagamaan kita.

FYI, pahala yang dilaksanakan pada saat bulan ramadhan ini dilipat gandakan lho! Jangan sampe rugi karna selama ramadhan terjebak dalam kemalasan.

Berikut produktifitas yang bisa sobat damai lakukan selama berpuasa:

  1. Khatam Al-Qur’an

Program khatam qur’an  selama bulan ramadhan harus jadi target utama dalam membangun produktivitas untuk mengawali hari. Mungkin biasanya membaca qur’an hanya selepas sholat magrib, gak ada salahnya dong kita naik kelas dan gass poll  pada bulan ramadhan ini.

Terkhusus bulan ramadhan ini, pahala setiap kali kita membaca al-qur’an akan berlipat ganda. Rasullullah SAW bersabda “Barang siapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur’an maka ia akan mendapat satu kebaikan dan dari satu kebaikan itu berlipat menjadi sepuluh kebaikan. Aku tidak mengatakan Alif Lam Mim sebagai satu huruf. Akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf” (HR.Bukhari).

Nah buat sobat damai yang baca al-qur’an masih terbata-bata juga jangan malu atau minder, kita kan sama-sama belajar jadi harus terus semangat. Dari Aisyah ra, Rasulullah SAW bersabda “Yang mahir membaca al-qur’an bersama malaikat yang terhormat dan yang membaca al-qur’an sedangkan ia terbata-bata serta mengalami kesulitan, maka baginya dua pahala” (HR.Bukhari dan Muslim).

Masyaallah, sebenarnya agama benar-benar mempermudah dalam segala hal tapi manusianya aja yang menyusahkan diri sendiri. Heheh bener gak tuh sobat damai?

Program khatam qur’an selama ramadhan ini bisa 1, 2 atau 3 kali khatam. Caranya gimana? Nah untuk program 1 kali khatam qur’an selama ramadhan, sobat damai bisa membaca qur’an 2 lembar setiap lepas sholat fadhu. Untuk 2 kali khatam qur’an, sobat damai membaca qur’an 4 lembar setiap lepas sholat fadhu. Dan untuk 3 kali khatam qur’an, sobat damai membaca qur’an 6 lembar lepas sholat fardhu.

Nah tunggu apalagi ambil al-qur’an baca sekarang dan jangan lewatkan setiap kesempatanya.

2. Kajian Ramadhan

Saat ini kita masih diselimuti masa pandemi, tentunya sulit bahkan dilarang untuk berkumpul dalam suatu majlis ilmu yaitu upaya pencegahan penularan virus corona. Tetapi teknologi yang ada sungguh membuat kita semakin mudah untuk mendapatkan apapun, terkhusunya mendapatkan kajian ramadhan.

Hampir 97% manusia dimuka bumi ini memiliki smartphone bukan? Baik dari kalangan anak-anak sampai lansia sekalipun. Nah dengan adanya smartphone akan membuat apapun yang jauh akan terasa dekat. Tetapi ingat apapun yang kita miliki saat di dunia akan di hisab kelak lho. Nah untuk itu mari kita gunakan untuk hal yang bermanfaat.

Kajian ramadhan saat ini tidak hanya dilaksanakan di dalam majlis ilmu saja, akan tetapi sudah banyak program kajian online yang dilaksanakan oleh pengurus maljis ilmu keagamaan. Mulai dari melalui chatting, share video sampai bertatap muka dalam satu layar kaca. Begitulah canggihnya zaman kini.

Tapi jangan terjebak oleh kemalasan dan jangan sampai smartphone yang dimiliki bisa membuka situs-situs terlarang tetapi untuk mencari situs keagamaan jempolnya malah kendor. Nauzubillahminzalik, jangan sampai hal demikian terjadi pada diri kita ya sobat damai.

Kajian keagamaan yang tersedia di internet juga beragam, mulai dari berbayar hingga gratis, mulai dari ustadz Quraish Shihab sampai ustadz Handy Bonny sekalipun. Jadi sobat damai tinggal pilih aja mau akses nya gimana, ustadz pematerinya siapa, lembaga penyelenggaranya siapa dan pembahasan apa yang akan diulas selama kajian.

3. Kajian Online/Sosial Media

Sobat damai pasti gak pernah bisa ketinggalan gadget kapanpun dan dimanapun kan, bahkan kalo disuruh pilih lebih baik ketinggalan dompet ketimbang gadget, pasti sobat damai malah milih ketinggalan dompet! Ayo ngaku pasti siapa yang serupa? Hehe

Gadget yang sobat damai genggam saat ini pastinya memiliki aplikasi social media dong? Nah sobat damai jangan sampe ketinggalan untuk follow akun-akun keagamaan dalam sosmednya sobat damai ya.

Tujuannya adalah untuk mendapatkan ilmu keagaman yang bermanfaat dari postingan akun-akun tersebut. Biasanya postinganya beragam mulai dari ayat-ayat alqur’an, kisah nabi, hukum fiqih dan banyak lagi yang cenderung dirangkum para ustadz online dalam Setiap ceramahnya.

Mentornya mimin damai pernah bilang kayak gini “siapa kita di dunia maya adalah tergantung dengan apa yang kita follow”  kalau kita banyak follow akun agama cenderunglah kita kepada agama atau malah sebaliknya.

Nah itu dulu ya tips produktifitas anti males-males club yang wajib sobat damai lakukan selama ramadhan. Tunggu untuk tips produktif part 2 ya.

Tips Tetap Sehat Selama Puasa Ramadhan

Previous article

Salah Tasir Tentang Hijrah Yang dimanfaatkan ISIS

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Edukasi