Edukasi

MOTIVASI DIRIMU UNTUK BELAJAR

0

Jika Anda merasa kurang motivasi untuk belajar, selamat anda telah menemukan cara untuk meningkatkan motivasimu untuk belajar sekarang juga!

 Motivasi sangat  penting dalam proses belajar. Ketika Anda termotivasi, Anda akan merasa mudah untuk tetap fokus selama periode waktu tertentu. Ketika Anda tidak termotivasi, Anda tidak hanya akan kesulitan untuk tetap fokus, tetapi Anda juga akan kesulitan untuk memulainya sejak awal.

Berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan motivasi belajar Anda.
Hadiahi Diri Anda Sendiri Karena Belajar
Misalnya, setelah sesi belajar yang sukses, hadiahi diri kalian dengan sesuatu yang membuat anda senang yang mana hadiah itu hanya bisa didapatkan ketika anda telah berhasil dalam suatu sesi belajar.


Belajarlah dengan teman-temanmu
Pasti ada diantara anda yang semangat belajarnya meningkat ketika anda belajar bersama teman-teman. Terkadang ketika anda belajar dengan teman-teman anda bisa ikut termotivasi karena semangat teman anda . Ketika anda belajar sendiri terkadang anda merasa jenuh atau stuck terhadap suatu materi yang sulit untuk anda pahami, namun ketika anda bersama teman-teman anda bisa bertanya dan membahasnya bersama.


Ingatkan Diri Anda Tentang Hasil Atau Tujuan Jangka Panjang
Segala sesuatu yang anda usahakan dimasa sekarang ini adalah cerminan dari keberhasilan anda dimasa yang akan datang , maka berkorbanlah dimasa sekarang ini dan nikmati masa tua anda dengan hasil yang memuaskan dari perjuangan anda dimasa sekarang.

Hindari Gangguan
Ketika anda ingin belajar alangkah baiknya anda menghindari segala macam bentuk gangguan yang dapat memecah konsentrasi anda dalam belajar, contohnya anda adalah seorang yang konsentrasi belajarnya muncul ketika berada ditempat yang sunyi , maka anda tidak bisa belajar di tempat yang ramai.


Istirahat Sejenak
Dalam proses belajar tentunya anda akan merasa jenuh atau lelah terhadap banyaknya materi yang telah anda pelajari , oleh karena itu anda butuh istirahat sejenak untuk menyegarkan kembali otak anda agar bisa semangat lagi ketika anda ingin belajar lagi.


Tuliskan Impian Di Kertas Besar Di Tempat Anda Belajar
Setiap kita pasti memiliki impian yang sangat ingin kita capai , namun terkadang kita lupa terhadap impian-impian kita tersebut karena telah asik melakukan hal-hal yang menyenangkan. Dengan menempelkan kertas yang berisi impian kita maka kita akan selalu ingat akan impian kita sehingga kita akan selalu semangat setiap kali kita merasa malas untuk belajar.


Visualisasikan buah dari keberhasilan
Segala sesuatu yang kita perjuangkan tentu memiliki tujuan untuk mendapatkan sesuatu yang baik atau bisa kita bilang untuk menggapai impian-impian kita. Dengan memvisualisasikan buah keberhasilan dari perjuangan kita tentunya bisa menambah semangat belajar kita.


GUNAKAN FASILITAS PENDUKUNG
Supaya proses belajar lebih menyenangkan serta mempermudah anda dalam proses belajar tentunya anda akan sangat membutuhkan fasilitas pendukung. Fasilats pendukung dalam proses belajar bisa jadi buku catatan dan segala macam yang mempermudah kita selama proses belajar.


Gunakan Media Digital
Terkadang belajar dengan hanya membaca mudah membuat sesorang mudah bosan dalam belajar.Dengan menggunakan media digital maka kita bisa belajar dengan cara yang berbeda misalnya dengan memanfaatkan media youtube. Melalui video-video youtube kita bisa belajar dengan guru-guru dari seluruh dunia denga cara cara penyampain yang menyenangkan dan mudah dimengerti.

Tips Pintar Menghilangkan Rasa Malas Ketika Belajar

Previous article

Dampak Buruk Kecanduan Medial Sosial Dan Cara Mengatasinya

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Edukasi