Edukasi

Dampak Buruk Kecanduan Medial Sosial Dan Cara Mengatasinya

0


Di era yang serba internet ini tidak dapat kita pungkiri bahwa hampir semua kalangan usia pasti rata-rata sudah menggunakan internet. Ada banyak hal menyenangkan yang dapat kita lakukan dengan internet seperti mencari informasi serta berinteraksi dengan orang di seluruh dunia. Jika berbicara mengenai internet maka kita tidak bisa terlepas dari yang namanya media sosial.


Ada banyak hal menyenangkan yang dapat kita lakukan di media sosial yang membuat kita terhanyut di dalamnya. Dengan media sosial kita bisa mengikuti perkembangan artis-artis idola kita, berkomunikasi dengan teman lama , memposting foto atau video untuk mendapatkan suka dan komentar. Namun jika kita menggunakanya secara berlebihan yang menyebabkan kita kecanduan maka akan banyak dampak buruk yang terjadi kepada kita.
Berikut ini beberapa dampak buruk dari kecanduan media sosial:


1 Gangguan Pada Mata
Terlalu sering menatap layar gawai atau laptop dapat menyebabkan mata lelah dan jika terus-terusan maka bisa menimbulkan masalah mata lainya.

  1. Tidak Bisa Tidur
    Ketika seseorang sudah kecanduan dengan medial sosial maka dia akan menggunakanya lebih lama bahkan menggunakan waktu yang seharusnya digunakan untuk istirahat dan tidur namun digunakan untuk mencek akun-akun sosial medianya. Hal ini tentunya akan mengganggu kesehatan fisik serta akan memunculkan masalah-masalah lainya seperti tidak produktif serta sulit mengikuti pelajaran di sekolah karena merasa lelah dan mengantuk
  2. Hubungan Sosial Dunia Nyata Jadi Terganggu
    Seseorang yang sudah terlalu asik menggunakan media sosial maka dia akan lebih suka untuk berinteraksi di dunia maya yang menyebabkan kehidupanya di dunia nyata jadi terganggu. Banyak orang yang memiliki banyak teman dan sangat aktif di sosial media namun memiliki sedikit teman di dunia nyata serta sulit bergaul didunia nyata serta mengurangi quality timenya dengan teman-teman maupun keluarga. Contohnya karena kita lebih mementingkan media sosial sehingga ketika kita sedang berkumpul dengan teman-teman bukanya mengobrol dan menikmati waktu bersama malah menggunakan waktu tersebut untuk selfie dan mengunggahnya ke media sosial.
  3. Merusak Anak-Anak
    Tidak jarang kita temukan hal-hal negatif yang tersebat di media sosial seperti hoax, kekerasan dan konten dewasa. Jika hal tersebut dilihat oleh anak-anak maka mental dan sifat mereka bisa terganggu. Contohnya seorang anak yang menggunakan media sosial sering melihat konten kekerasan lalu mempraktekan kekeraasan tersebut kepada temanya sendiri.
    Itulah beberapa dampak buruk dari penggunaan media sosial secara berlebihan , sekarang kita akan membahas cara mengatasi atau terlepas dari kecanduan media sosial :
  4. Batasi Penggunaan Media Sosial
    Seseorang yang sudah kecanduan media sosial biasanya menggunakan sosial media tampa adanya batasan waktu. Dengan membatasi diri kita dalam penggunaan sosial media maka akan membuat kita terlepas dari kecanduan sosial media . jika biasanya kita menggunakan sosial media puluhan atau belasan jam sehari maka bisa kita batasi menjadi dua atau tiga jam saja perharinya.
  5. Perbanyak Kegiaatn Offline
    Jika selama ini kita lebih banyak menghabiskan waktu secara online menggunakan media sosial maka mulai sekarang kita bisa memulai untuk lebih banyak menghabiskan waktu kita untuk kegiatan offline yang lebih bermanfaat seperti olahraga dan hal positif lainya yang bisa kita lakukan secara offline.
    3.Lakukan Hobby
    Selama ini kita telah terhanyut di dunia maya yang menawarkan begitu banyak kesenganan-kesangan yang dapat kita peroleh selama kita menggunakan media sosial yang menyebabkan kita lupa bahwa hal offline juga menawarkan begitu banyak hal-hal yang sangat menyenangkan salah salah satunya adalah hobby kita sendiri. Jika selama ini sudah meninggalkan dan melupakan hobi kita karena media sosial yuk mulai sekarang tinggalkan sejenak media sosial dan mulai melakukan hobi menyenagkan yang selama ini kita tinggalkan.
  6. Hapus Aplikasi Serupa
    Banyak media sosial yang memiliki nama berbeda namun memiliki fungsi yang sama yang sebenarnya tidak perlu kita gunakan semuanya karena itu hanya membuang-buang waktu kita, oleh karena itu yuk hapus media sosial yang memiliki fungsi yang sama dan meninggalkan yang paling penting.
  7. Gunakan Media Sosial Setelah Melakukan Hal Produktif
    Menggunakan sosial media sebenarnya tidak masalah namun yang menjadi masalah ketika kita menggunakanya secara berlebihan yang menimbulkan banyak hal-hal buruk yang terjadi kepada kita yang menyebabkan kita tidak prodiktif di dunia maya. Mari kita bikin aturan untuk menggunakan sosial media setelah kita melakukan hal yang produktif.

MOTIVASI DIRIMU UNTUK BELAJAR

Previous article

Feminisme Dalam Kultur Minangkabau

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Edukasi