Edukasi

Tips Pintar Menghilangkan Rasa Malas Ketika Belajar

0


Belajar seringkali dianggap sebagai hal yang sangat membosankan. Jika rasa malas ini terus-terusan diabaikan maka akan berdampak sangat buruk untuk masa depan. Tak sedikit dari pelajar yang gagal dalam dunia pendidikan dikarenakan malasnya belajar. sebenarnya belajar bukanlah sesuatu hal yang tidak bisa dilawan , namun ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk melawan rasa malas tersebut.


Nah kali ini kita akan membahas beberapa tips untuk menghilangkan rasa malas belajar. yuk simak bersama-sama!
Pada dasarnya seseorang bisa menghilangkan rasa malas untuk belajar karena dua hal yaitu yang pertama karena ingin mendapatkan hadiah , maksudnya adalah seseorang akan termotivasi untuk belajar dengan serius karena ingin mendapatkan hadiah , misalnya seorang anak ingin mendapatkan juara kelas dan mendapatkan pujian dari orang tua dan guru maka ia belajar dengan giat dan melawan rasa malasnya.


Yang kedua, karena takut akan hukuman atau dampak buruk, maksudmya adalah seseorang melakukan sesuatu karena ingin terhindar dari hukuman. Contohnya, seorang anak takut akan hukuman jika mendapatkan nilai yang rendah, bisa jadi takut hukuman dari sekolah maupun dari orang tua. Pada kesempatan kali ini kita akan memebahas beberapa tips pintar menghilangkan rasa malas dalam belajar

  1. Motivasi Diri Sendiri
    Motivasi merupakan hal yang sangat penting untuk mendukung keberhasilan seseorang. Seseorang harus memiliki motivasi dalam belajar yaitu dengan menanamkan pada diri masing-masing bahwa belajar akan memberikan keuntungan di masa yang akan datang atau meyakinkan dalam hati bahwa akan ada hal yang baik yang akan muncul jika kita rajin belajar.
  2. Tempat Ternyaman Dalam Belajar
  3. Setiap orang memiliki tempat ternyamannya masing-masing dalam belajar. Seseorang bisa merasa sangat nyaman dan fokus belajar ketika berada ditempat umum , namun sebagian orang merasa nyaman belajar di kamar dengan keadaan yang sunyi. Oleh karena itu yuk temukan tempat ternyaman bagimu dalam belajar, jika tempatnya aja udah gak nyaman bagaimana bisa fokus.
  4. Buat Rencana Belajar
    Rencana belajar sangat penting karena jika kita tidak memiliki rencana belajar maka kita akan kesulitan dalam belajar bahkan tidak tahu mau memulai belajar dari mana. Dengan membuat rencana belajar maka akan memudahkan kita dalam proses belajar serta belajar kita akan menjadi lebih terstruktur.
    4.Hindari Hal Yang Dapat Menganggu Proses Belajar
    Ini salah satu hal yang sangat penting ketika belajar yaitu menghindari segala sesuatu yang akan menganggu konsentrasi kita dalam belajar. Televisi dan gawai adalah hal yang paling sering memecah konsentrasi kita ketika belajar, jadi ketika ingin mulai belajar pastikan benda-benda tersebut tidak berada di dekat kita agar bisa konsentrasi dalam belajar.
    5.Jangan Teralu Terburu-Buru Dalam Belajar
    Terburu-buru dalam belajar akan membuat kita cepat jenuh dan bosan dalam belajar, contohnya seorang anak telah ketinggalan banyak sekali materi pelajaran atau banyak tugas yang sudah menumpuk sehingga dia inginn menyelesaikan hal tersebut dalam satu waktu , sehingga hal tersebut membuatnya lelah maka itu akan berdampak kepada proses belajarnya hari selanjutnya sehingga membuatnya kapok untuk belajar. yuk santai aja dalam belajar yang penting serius dan pasti.
    6.Memberikan Self Reward Atau Memberi Hadiah Kepada Diri Sendiri
    Cara yang satu ini tentunya sangat menyenangkan bukan , siapa sih yang tidak suka dikasih hadiah, nah dengan cara ini kamu bakalan semakin termotivasi dalam belajar. caranya yaitu ketika kamu berhasil melawan rasa malas atau berhasil melaksanakan rencana belajar yang telah kamu buat , maka kamu bisa mengapresiasi diri kamu dengan cara memberikan hadiah kepada dirimu yaitu hal yang bisa membuat mu senang bisa berupa makanan ataupun pergi jalan-jalan .

Amal Sebagai Bekal Kematian

Previous article

MOTIVASI DIRIMU UNTUK BELAJAR

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Edukasi