Opini

Memaknai Arti Sumpah Pemuda

0

SUMPAH PEMUDA

Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.”


“Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.”


“Kami Putra dan Putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.”

Tiga sumpah ini sangat berperan di dalam mempersatukan bangsa, banyak sejarah-sejarah yang dapat dijadikan semangat perjuangan khususnya bagi generasi milenial.

Kita sudah diajarkan sejak kecil sumpah pemuda ini. Sumpah pemuda menjadi tolak ukur perjuangan kaum kaum pemuda di era 1928 dengan semangat yang tinggi yang patut diajukan jempol, tentunya dalam hal ini disamping berhasilnya kemerdekaan tidak lepas dari peran pemuda pemuda.

Seokarno pernah berkata “ Beri aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncang dunia” dari perkataan Soekarno ini sudah bisa kita simpulkan bahwasannya pergerakan akan lebih baik bila para pemuda mau Bersatu.

   Dengan adanya sumpah pemuda merupakan bentuk bukti nyata perjuangan pemuda pemuda terdahulu, pada tanggal 28 oktober 1928 tercetuslah sumpah pemuda yang di dekralasikan oleh pemuda-pemuda indonesia. 

Sumpah pemuda juga merupakan suatu bentuk penyatuan agar tidak terjadinya perpecahan antar organisasi kepemudaan. Mungkin sebagain orang berfikir apa yang menjadi sejara lahirnya sumpah pemuda, sumpah pemuda merupakan salah satu bentuk semangat bagi para pejuang. Sumpah pemuda merupakan

suatu pengakuan dari pemuda-pemuda indonesia.ini harus terus kita pertahankan dan benar-benar menjadi sumpah bagi semua pemuda, sebagai bentuk rasa cinta tanah air dan bangsa.

     
Bismil Tirta Jalisman

Sumpah Pemuda Dan Narasi Perpecahan

Previous article

Melawan Hoax Dengan Berfikir Filsafat.

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Opini