Edukasi

Covid-19 di Sumatera Barat dan Hal-Hal Yang Harus Sanak Ketahui (Bagian Ketiga)

0

Kemungkinan Penundaan Event Berskala Nasional/Internasional di Sumatera Barat (1)

1. Hari Keluarga Nasional XXVII (Harganas 2020)

Provinsi Sumatera Barat ditetapkan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVII yang akan digelar pada 11-14 Juni 2020. Peserta yang akan menghadiri kegiatan ini diperkirakan sebanyak 30 ribu lebih mulai dari kepala daerah, TP-PKK Kabupaten/Kota Se-Indonesia dan undangan lainnya. Pelaksanaan Harganas merupakan komitmen pemerintah pusat dan daerah untuk mensosialisasikan pentingnya pembangunan dan ketahanan keluarga. Berdasarkan pemberitaan di Posmetropadang.co.id, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menyatakan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) telah menunda pelaksanaan Harganas akibat penyebaran Covid-19.

2. MTQ Nasional XXVII

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat ditunjuk sebagai tuan rumah MTQ Nasional Ke-28 yang akan dihelat pada tahun 2020 berdasarkan Keputusan Menteri Agama Nomor 596 tahun 2018 tentang Penetapan Provinsi Sumatera Barat sebagai Tempat Penyelenggaraan MTQ Tingkat Nasional XXVIII tahun 2020. Perhelatan ini direncanakan akan digelar di Stadion Utama Sumatera Barat, Lubuk Alung dan Masjid Raya Sumbar, Padang pada Agustus 2020. Menurut Direktur Penerangan Agama Islam Ditjen Bimas Islam, Juraidi, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat telah mengirim surat tentang penundaan launching MTQ Nasional 2020 sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Launching tersebut sedianya akan dilaksanakan pada 31 Maret 2020. Hingga saat ini belum ada kepastian MTQ Nasional XXVIII ditunda atau tetap dilanjutkan sesuai jadwal (akan kami revisi setelah ada keputusan resmi).

3. Tour de Singkarak

Tour de Singkarak adalah kejuaraan balap sepeda resmi dari Persatuan Balap Sepeda Internasional (Union Cycliste International). Event ini diselenggarakan setiap tahun di Sumatera Barat. Kejuaraan ini pertama kali dihelat pada tahun 2009. Tour de Singkarak merupakan kejuaraan internasional yang memadukan olahraga dan pariwisata. Selain berkompetisi di jalur lintasan, peserta dan official akan disuguhi objek-objek wisata yang ada disetiap lintasan. Untuk tahun 2020, kegiatan ini akan digelar pada 7-15 September 2020. Hingga saat ini, 12 dari 19 Kabupaten/Kota di Sumatera Barat telah menyatakan kesiapannya berpartisipasi sebagai tuan rumah. Mengingat kegiatan ini akan diadakan pada September, besar kemungkinan akan diundur karena pencegahan penyebaran Covid-19 (belum ada keterangan resmi dari pihak penyelenggara atau pemberitaan media massa).

4. Indonesia Chanel 2020

Sumatera Barat dipercaya menjadi tuan rumah Indonesia Channel 2020. Kegiatan ini akan digelar pada 11-12 Oktober 2020. Program ini diinisiasi oleh Kemenlu RI dengan mengundang pemuda dari 77 negara untuk belajar seni dan budaya lokal. Penunjukan Sumatera Barat sebagai lokasi kegiatan Indonesia Channel 2020 merupakan sebuah kepercayaan karena daerah pertama diluar jawa yang akan menjadi tuan rumah. Hingga saat ini belum ada keterangan resmi dari pihak penyelenggara atau pemberitaan media massa.

5. Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (Penas KTNA) XVI Tahun 2020

Penas KTNA merupakan forum pertemuan nasional bagi petani, nelayan, peneliti, penyuluh, pihak swasta, pemerintah dan stakholder lainnya. Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (PPSDMP) Kementerian Pertanian telah menunda pelaksaan Penas XVI tahun 2020. Penundaan ini berdasarkan surat yang dikeluarkan Kepala Badan PPSDMP Kementerian Pertanian, Dedi Nusyamsi, tertanggal 30 Maret 2020. Surat Nomor : B-4612/TU.020/1/03/2020 berisi penundaan kegiatan Penas XVI tahun 2020 sebagai tindaklanjut menyikapi maklumat pemerintah tentang larangan untuk berkumpul dalam jumlah besar dan perlunya penerapan social dintancing dan phisical distancing akibat Covid-19.

Duta Damai Dunia Maya Regional Sumatera Barat menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap menjaga kesehatan dengan rajin cuci tangan, berolahraga, makan makanan yang sehat dan istirahat yang cukup. Sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan petugas kesehatan jika mengalami gejala-gejala Covid-19. Positif Covid-19 bukan aib, jangan malu/takut melapor ke petugas kesehatan. Selain itu selalu berpedoman pada informasi resmi dan valid, baik dari pemerintah, petugas kesehatan mapun tokoh masyarakat/adat/agama. Stop sebar hoax.

Onriza Putra – Tim Blogger Duta Damai Dunia Maya Regional Sumatera Barat

#bersatulawancorona #salingjaga #dirumahaja #basamomalawancorona

Onriza Putra

Mereka Yang Peduli Corona di Sumatera Barat

Previous article

Bermain Politik Lewat Corona Virus

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Edukasi