Edukasi

Belajar dari BJ Habibie

0

Sebuah berita duka menyelimuti rakyat indonesia pada tanggal 11 September 2019, dimana tokoh bangsa yang pernah menjadi presiden republik indonesia yang ke-3 berpulang ke sang ilahi pada pukul 18.05 WIB. Beliau adalah BJ Habibie, seorang tokoh bangsa yang namanya telah harum ke seluruh dunia. Bagaimana tidak beliau membuktikan bahwa orang indonesia juga mampu membuat pesawat sendiri. Indonesia pada waktu itu membuat kagum dunia, bagaimana bisa negara berkembang mampu membuat pesawat sendiri yang di pelopori oleh beliau.

Belajar dari teladan BJ Habibie, tokoh bangsa yang tanpa kenal lelah mengejar cita-citanya yang sejalan dengan mengharumkan nama bangsa indonesia. Habibie membuktikan bahwa tidak ada kata yang tidak mungkin selama kita masih hidup, mau bekerja keras, bekerja ikhlas dan tidak takut akan tantangan dunia, kita pasti bisa mengejar cita-cita tersebut.

Dengan segala keterbatasan yang ada pada waktu itu, dengan segala pola pikir bangsa indonesia waktu itu, dengan segala tekanan dari dalam maupun luar negeri seorang Habibie menunjukkan pada bangsa indonesia bahwa kita boleh saja bukan negara maju, kita boleh saja negara ke-3, kita boleh saja negara yang konsumtif namun jika selama masih ada kemauan untuk maju tidak ada yang tidak mungkin di lakukan.

Habibie membuktikan bahwa hasil tidak pernah mengkhianati usaha. Ketika usaha yang dilakukan dengan sungguh-sungguh dan dengan Cita-cita yang lurus tuhan pasti akan memperlihatkan kekuasaannya. Tuhan pasti akan memberikan apa yang kita ingin capai.

Belajar dari teladan BJ Habibie, seorang pemuda pada waktu itu yang memiliki cita-cita yang besar untuk indonesia. Dimana beliau ingin bangsa indonesia tidak harus jadi konsumen setia dari produk industri dari negara maju. Indonesia harus mampu menjadi bangsa yang setidak-tidaknya menjadi saingan bangsa lain dalam industri pesawat pada waktu itu. Walaupun pada akhirnya cita-cita beliau tidak terwujud sepenuhnya namun setidaknya telah menumbuhkan semangat baru bagi pemuda indonesia untuk mampu melewati batas kemampuan diri. “Selama kita hidup tidak ada yang tidak mungkin bisa kita lakukan”.

Semakin majunya ilmu pengetahuan maka akan semakin banyak pula peluang bangsa indonesia untuk menjadi bangsa yang disegani oleh bangsa lain. Kita yakin bahwa masih banyak penerus BJ Habibie di indonesia. Dan kita juga yakin pasti akan ada Habibie-habibie lain yang akan muncul nantinya. Namun yang perlu kita ingat BJ Habibie membuktikan harus ada orang/tokoh yang memulai duluan baru nantinya akan muncul orang lain yang ikut terpacu untuk maju.

Selamat jalan tokoh bangsa, selamat jalan tokoh pembaharuan, semoga kami bangsa indonesia dapat melanjutkan tongkat estavet-mu”

Manfaat Hutang Negara

Previous article

Sandiaga : Lupakan Perbedaan Politik , Mari Kita Bersama Berkontribusi Untuk Negeri

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Edukasi