Edukasi

5 Keuntungan Memiliki Teman Berbeda Budaya

0

Sebagai manusia, kita tentu membutuhkan teman. Tetapi dalam berteman kita tentunya akan cenderung pada mereka yang memiliki kesamaan, mulai dari hobi, pekerjaan, atau mereka yang tumbuh bersama kita. Padahal, berteman dengan orang-orang yang berbeda pandangan dengan kita tidak kalah menyenangkan dan bisa memberikan manfaat positif untuk hidup kita.

Seperti yang diketahui, Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di dunia. Karena itu, tak heran banyak sekali keragaman budaya di negeri ini. Mulai dari suku, budaya, makanan, dan lainnya. Tak sulit menemukan orang dengan beda budaya selama masih di Indonesia.

Dikutip dari womantalk.com, berikut keuntungan yang akan Anda rasakan bila berteman dengan orang yang berbeda-beda.

Menjadi lebih terbuka dan bisa menerima banyak hal.

Kita tumbuh dan belajar tentang budaya dan praktik-praktik yang khusus untuk suatu budaya. Ketika kita berteman dengan orang-orang dari latar belakang budaya berbeda, mungkin ada beberapa hal dalam budaya mereka yang berbeda dari kamu dan tidak selalu kita setuju dengan mereka, tapi kita belajar untuk menjadi lebih akomodatif, menerima dan lebih luas berpikir akan perbedaan lain. Jadi hal itu membuat kita memperluas cakrawala kita dan menjauhi diri dari pola pikir tertentu.

Mudah berpikir kritis.

Seringkali pikiran membuat kita melihat keadaan yang umum saja. Oleh sebab itu, pandangan kita pun menjadi terbatas. Namun ketika kita ngobrol dengan orang yang punya pikiran berbeda, maka kita pun bisa lebih terbuka lagi. Kesadaran ini akan menantang kita untuk mengubah persepsi yang ada dan melihat hal tersebut dengan padangan yang lebih luas lagi.

Memiliki jaringan yang luas.

Memiliki banyak teman dari berbagai suku dan agama akan membuat pergaulan kita menjadi luas. Hal ini akan membuka pintu-pintu peluang, baik untuk bisnis maupun kerja sama lainnya. Ketika kita membuka usaha, tentu perlu memiliki jaringan supplier maupun customer. Semakin luas jaringan kita, semakin luas pula peluang usaha yang terbuka.

Melatih Kepribadian Agar Lebih Bijak dan Toleransi Keberagaman

Di antara yang lain, ini yang paling penting. Dengan memiliki teman dari daerah lain, secara tidak langsung akan membentuk pribadi yang bijak dan mau bertoleransi dengan sesama. Meskipun di Indonesia ada banyak keberagaman, tidak sedikit orang yang menolak keberagaman itu.

Nah, bila Anda bisa menghargai dan menerima kebudayaan orang lain, Anda bisa menjadi inspirasi buat orang-orang yang memiliki pemikiran menolak keberagaman. Untuk akhirnya lebih terbuka bahwa keberagaman itu tidaklah buruk.

Menjadi pribadi yang semakin bijak

Kita boleh saja berbeda pendapat, tetapi tidak berarti kita harus menjadi musuh. Kita boleh saja berbeda kebiasaan, namun kita dapat saling menghargai. Kita dapat berbeda kepercayaan, namun kita tetap adalah manusia yang diciptakan oleh Tuhan yang harus kita hargai.

Saat semakin mengerti dan menghargai perbedaan, kita akan bertumbuh menjadi orang yang semakin bijak. Kita akan mampu menyesuaikan diri ketika berada di lingkungan baru. Kita akan mampu untuk bekerja sama dengan siapa saja. Kita juga akan bijak dalam bertutur kata dan bersikap dalam bangsa yang majemuk ini.

Dengan banyaknya manfaat dan keuntungan punya teman dari berbagai daerah di Indonesia, jadi makin yakin bahwa keberagaman itu bisa mempersatukan kita.

Kita juga tidak perlu lagi merasa minder gara-gara berasal dari daerah yang berbeda dari teman kita, karena pastinya setiap daerah di Indonesia itu punya kecantikannya masing-masing.

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapat dari miliki teman yang berbeda daerah. Semoga bermanfaat.

Husnul Hayati
Writing is a place for growing up.

    Antara Buku dan Minat Baca

    Previous article

    RAMADHAN PRODUKTIF : PART 3

    Next article

    You may also like

    Comments

    Leave a reply

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    More in Edukasi