Edukasi

RAMADHAN PRODUKTIF : PART 3

0

Sebelum sobat damai meluncur baca ke bawah udah baca part 1 dan 2 belum? Kalau belum langsung otw selesaikan part 1 dan 2 dulu ya. Karna point utamanya ada di part 1 dan point terdepan ada di part 2.

Eh gimana sih maksudnya min?

Gini loh sobat damai part 1 itu pembahasannya produktif  pahala dunia akhirat sedangkan part 2 itu ada produktif auto bikin dapur ngebul. Wkwkwk

Penasan dong? Yok meluncurr

Nah mimin yakin buat yang lanjut baca pasti udah baca part 1 dan 2, etss jangan boong lagi bulan puasa ga boleh boong yakksss!!!

Okelah lanjut kita bahas apa aja sih kegiatan produktif yang bisa kita lakukan selama ramadhan, yang tentunya membuat kita terhindar dari kemalasan. Yuk disimak dan diterapkan sobat damai.

8. Eksplorasi Hobi Baru

Kegiatan selanjutnya yang bisa membuat ramadhan sobat damai produktif adalah mengekplorasi kegiatan atau hobi baru. Ramadhan menajdi bulan yang tepat untuk mencoba hal-hal baru dan mengembangkan sisi kearjinan dan seni.

Sobat damai bisa mencoba menggambar, melukis, mewarnai, atau memainkan aneka alat music baik tradisional sampai modern sekalipun.

Dengan demikian sobat damai bisa mengetahui minat dan bakat terpendam yang soabt damai miliki sebelumnya.

9. Menjadi Content Creator

Untuk mengisi waktu luang dan menghasilkan produktifitas selama ramadhan ini salah satunya adalah menjadi content creator. Sobat damai tentuya tidak asing lagi dengan Atta Hallilintar, seorang content creator yang pernah dinobatkan sebagai Youtuber no 1 se-Asia. Siapa sangka seorang Atta juga memulai karirnya dari bawah, tentunya beliau pernah menjadi pemula dalam merilis berbagai content nya.

Nah sobat damai bisa juga memulai dari sini, tentunya content yang sobat damai share bermanfaat bagi orang lain dan membuat cirikhas ala sobat damai itu sendiri. Misalnya, Atta dengan kata “Ashiappp-nya” sedangkan Syahrini dengan kata “maju mundur cantik-nya”

Menjadi seorang content creator tentunya adalah produktifitas yang mengasilkan, selain memberikan prespektif baru bagi masyarakat tentunya akan menambah pundi-pundi rupiah lohhh.

10. Jualan Online

Lumayan banget nih buat nambah-nambah tabungan buat beli baju lebaran. Hehehe

Sobat damai bisa berjualan apapun secara online mulai dari jualan untuk menu berbuka sampai jualan baju lebaran. Nah untuk modal sobat online gak usah takut karena gak ada modal, karna sobat damai bisa jadi reseller dulu lho. Percaya deh karna para pebisnis sukses diluar sana gak semuanya punya modal awal saat memulai bisnisnya.

Semuanya dimulai dari bawah dan tinggal konsistensi diri kita aja lagi, mau terus lanjut atau gimana? Nah kegiatan jualan online ini sangan produktif lho sobat damai, karna saat proses penjualan pastinya ada transaksi jual beli dan suka sama suka, nahlo disitulah mental dan kesabaran kita sangat diuji.

11. Memulai Blog

Selain itu, sobat damai juga bisa membuat blog untuk mendokumentasikan opini serta pemikiran, tips dan pengalaman sobat damai dalam sebuah content.

Tapi jangan salah, sobat damai bisa mengubah hobi menulis menjadi aktivitas ampingan yang bisa menghasilkan pendapatan tambahan. Untung-untung buat kasih THR buat ponakan luamayan lah hahaha.

12. Membaca Buku

Sobat damai masih bingung gimana caranya bisa produktif selama ramadhan? Jawaban yang tepat adalah membaca buku. Jika sobat damai adalah sosok yang ingin sekali membaca banyak buku namun belum bisa terealisasikan karna banyak dan sibuknya kegiatan, sekranglah waktu yang sangat tepat.

Dengan memulai membaca buku baru atau melanjutkan buku yang telah dibaca akan menghiburmu selama bulan ramadhan sekaligus akan menambah wawasan dan memperluas kosa kata sobat damai.

Jika dihitung ramadhan selama 30 hari, maka minimal sobat damai dapat menyelesaikan satu buku dalam sau bulan yaitu dengan membacanya 4 lembar per harinya.

13. Bercocok Tanam

Sobat damai pasti sudah taukan, bahwasanya bercocok tanam menjadi kegiatan yang sempat viral selama masa pandemi ini. Bagaimana tidak, bercocok tanam dan memiliki kebun sayur bisa menyenangkan karena dapat menaikkan suasana hati.

Mulai dari menanam bunga, pohon hingga sayuran sekalipun yang dapat menghasilkan juga tentunya.

Oleh karena itu, memulai bercocok tanam di bulan ramadhan ini bisa sangat bermanfaat dan menyegarkan pikiran lho sobat damai. Jadi kegiatan ini sangat cocok untuk dijadikan kegiatan produktif selama ramadhan.

Nah sepertinya kita sudah sampai di penghujung kegiatan produktif selama ramadhan nih sobat damai. Terimakasih sudah mengikuti dari part 1, 2 dan 3. Jangan hanya dijadikan bacaan semata ya sobat damai, yok ikuti beberapa kegiatan yang merupakan passion sobat damai.

5 Keuntungan Memiliki Teman Berbeda Budaya

Previous article

Hai, Laut

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Edukasi