Edukasi

Tahapan Perpanjang STNK Motor 5 Tahunan di Samsat Bukittinggi

0

Pengurusan dan pergantian STNK serta TNKB setiap lima tahun sekali merupakan tugas dan tanggung jawab setiap warga negara tidak terkecuali saya sebagai penulis di Webside ini. Berikut pengalaman saya ketika mengurus STNK dan TNKB tersebut di Samsat Bukittinggi provinsi Sumatera Barat.

Sebelum melakukan pergantian STNK dan TNKB sebaiknya anda mencari informasi dulu baik kepada sahabat atau lewat mesin pencari internet. Berdasarkan informasi yang saya dapat saya harus membawa kelengkapan sebagai berikut ini:

  • STNK dan Fotokopinya
  • BPKB dan fotokopinya
  • KTP dan fotokopinya (saya cuma punya foto kopian KTP abang, tidak punya KTP aslinya)

Pada kenyataannya di samsat Bukittinggi saya tidak memerlukan fotocopy kelengkapan berkas tersebut.

Setelah sampai samsat, segera menuju tempat gesek (cek No. Mesin kendaraan) yang biasanya terletak di belakang atau samping. Lalu setelah parkir mintalah formulir urus pajak 5 tahunan untuk diisi. Nah setelah di isi, baru ikuti antrian motor di tempat gesek. Di samsat Bukittinggi lokasi cek no mesin dan rangka kendaraan tersebut terletak di samping kiri arah belakang kantor samsat.

Tahapan selanjutnya sudah bisa masuk ke tempat gedung utama untuk menyerahkan dokumen yang kita bawa dan formulir dari tempat gesek tadi ke pos pertama jumpa di pintu. Jadi dokumennya yaitu :

  • STNK
  • BPKB
  • KTP Asli
  • Formulir gesek motor tadi yang didapatkan dari pos gesek nomor.

Nantinya anda akan diberikan formulir tambahan dan sebuah map biru yang berlogo Samsat Bukittinggi. Isilah formulir tersebut dan formulir cek kendaraan yang di dapat di pos gesek tadi. Saran saya bawalah alat tulis sendiri dari rumah karena Samsat tidak menyediakan alat tulis seperti di Bank-Bank pada umumnya.

Setelah lengkap verifikasi lah dokumen anda tadi di loket verifikasi data kemudian anda akan diberi no antrian sebagai berikut ini:

Selanjutnya tunggu no antrian anda di panggil lalu silahkan bayar berapa jumlah pajak anda ditambah biaya administrasi pembuatan TNKB dan STNK lima tahunan. Saya sendiri membayar sebesar 637.700,- yang termasuk denda keterlambatan pajak saya yang terdahulu.

Alur berikutnya silahkan tunggu di loket penyerahan berkas anda yang telah selesai di proses oleh petugas samsat Bukittinggi. Yang perlu anda ingat di samsat Bukittinggi tidak terjadi pungli seperti yang sering di takutkan oleh masyarakat. Sesuai dengan tulisan di dinding kantor mereka.

Himbauan di Samsat Bukittinggi terkait Pungli

Sekedar info untuk kita semua indonesia sekarang sudah melakukan perbaikan dalam pelayanan kepada masyarakat sehingga pungli sudah dapat di minimalisir di sebagian besar wilayah indonesia pasca di bentuk satgas pungli nasional oleh presiden indonesia beberapa waktu yang lalu. Jadi jangan sesekali menggunakan jasa calo karena terlalu beresiko kepada anda.

Terakhir prosesnya adalah ambil TNKB anda yang berada di belakang gedung samsat Bukittinggi biasanya memerlukan waktu sekitar 2 jam atau lebih. Khusus untuk samsat Bukittinggi pada bulan Agustus 2019 ini stok TNKB sudah kosong dan akan tersedia lagi pada bulan Oktober 2019.

Demikianlah pengalaman saya selama mengurus pergantian/pembaharuan TNKB serta STNK lima tahunan di Samsat Bukittinggi. Sangat mudah kan dan tidak memerlukan waktu yang lama dalam proses pembaharuan nya. Jadi saya menghimbau kepada pembaca Webside ini jangan takut untuk mengurus STNK dan TNKB lima tahunan karena prosesnya mudah dan sudah tidak ada lagi pungli.

Idul Adha, Sarana Berjihad yang sesungguhnya

Previous article

Belajar dari Ukiran Rumah Gadang

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Edukasi