Berita

Rakornas Duta Damai 2021, BNPT Tunjuk Putri Indonesia sebagai Duta Damai Kehormatan

0
Rakornas Duta Damai 2021

Dutadamaisumbar– Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) RI resmi membuka Rapat Koordinasi Duta Damai Dunia Maya Se-Indonesia di Hotel Niagara, Parapat, Sumatera Utara pada Minggu (5/4), pukul 20.00 WIB. Rakornas kali ini dihadiri oleh 6 perwakilan dari masing-masing regional. Sejak dibentuk pada tahun 2016 lalu, Duta Damai secara rutin mengagendakan rakornas untuk melakukan evaluasi dan menyusun gerakan bersama kedepan.

Hadir saat pembukaan yaitu Direktur Pencegahan Brigjen Ahmad Nurwahid, Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi Mayjen TNI Hendri Paruhuman Lubis, Kasubdit Kontra Propaganda Kolonel Pas, Drs. Sudjatmiko, Bupati Simalungun Dr. Jopinus Ramli Saragih, SH. MM beserta unsur Forkopimda Kabupaten Simalungun, Ambassador Duta Damai Kikan Namara dan 88 peserta rakornas.

Sebagai bagian dari mengenalkan program yang diadakan regional, masing-masing koordinator regional memaparkan program-program yang sudah diadakan beberapa tahun terakhir.

Dalam sambutannya, Boy Rafli menyampaikan pentingnya peran generasi muda dalam mengkampanyekan narasi-narasi perdamaian untuk melawan ide-ide kekerasan yang dibawa oleh kelompok terorisme. “Adek-adek Duta Damai memainkan peranan penting dari usaha kita bersama dalam melawan narasi-narasi kekerasan dan terorisme. Saat ini, kelompok yang berideologi terorisme menggunakan ruang maya dalam menyampaikan gagasan, mengajak dan melakukan doktrinisasi, Duta Damai dibentuk untuk melakukan kontranarasi” ungkapnya.

Bupati Simalungun sangat mengapresiasi dipilihnya Parapat sebagai lokasi Rakornas 2021. “Atas nama rakyat Simalungun, saya mengucapkan selamat datang kepada Duta Damai Se-Indonesia. Kepada BNPT saya ucapkan terima kasih atas dipilihnya tempat kami sebagai tuan rumah Rakornas”. Ucapnya

Adapun rangkaian agenda kegiatan ini adalah Evaluasi dan Proyeksi Kegiatan Duta Damai, Pendalaman Materi terkait Perkembangan Radikalisme-Terorisme, Penyematan Duta Damai Kehormatan kepada Putri Indonesia 2020 Rr. Ayu Maulida Putri, Tausyah Kebangsaan oleh Habib Husein Ja’far, Team Building dan Kunjungan ke Pulau Samosir.

Disela-sela acara, Perwakilan Duta Damai Sumbar menyerahkan plakat kehomatan kepada Rr. Ayu Maulida Putri. Koordinator Duta Damai Regional Sumatera Barat Onriza Putra mempromosikan Baju/Kait Adat Mentawai, didampingi Nuraini dengan menggunakan Baju Adat Minangkabau. “Duta Damai Sumbar saat ini mengkampanyekan keragaman yang ada di Sumatera Barat. Selain baju adat, kita juga memberikan kenang-kenangan kepada Kepala BNPT, Direktur Pencegagan, Kasubdit Kontrapropaganda dan PMD berupa baju yang melambangkan keragaman suku yang ada di Kota Padang. Duta Damai Sumbar sangat mengapresiasi Rakornas ini, sebagai bentuk evaluasi dan modal awal berkegiatan kedepan. Selanjutnya Duta Damai Sumbar siap berkolaborasi dengan teman-teman regional lain” jelasnya.

Rakornas ditutup pada Rabu (7/4) oleh Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi Mayjen TNI Hendri Paruhuman Lubis.

dutadamaisumbar

3 Tips Utama Menjadi Pribadi Yang Toleran

Previous article

RAMADHAN DAN TOLERANSI

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Berita