Opini

Pergaulan Bebas Dikalangan Mileneal Saat Ini

0
             

Taukah kamu ap aitu pergaulan bebas? Akibat apa yang bakal di tangung oleh si korban saat sudah melampaui pergaulan bebas tersebut? Pergaulan bebas adalah salah satu bentuk menyimpang,yang mana “bebas”yang di maksud adalah melewati batas -batas norma yang ada. pergaulan bebas sering dikonotasikan dengan sesuatu yang negatif seperti seks bebas,narkoba,kehidupan malam,dan lain-lainya.

Pergaulan bebas sudah banyak sekali merenggut masa depan para generasi penerus bangsa ini. Setiap tahunnya angka pergaulan bebas semakin meningkat. Terutama di Sumatra Barat, survey dari polres Sawaglunto pada tahun 2014, 78% pelajar banyak yang tidak tahu mengenai reproduksi, yang aktif melakukan hubungan seksual dengan pacarnya sebanyak 79,30%.

Sementara 69,3% remaja lebih banyak curhat kepada temanya, konsultasi kepada pemuka agama hanya 14,8% remaja perempuan dan 15,4% laki-laki. Sudah banyak sekali kasus kejadian yang menyangkut masalah pergaulan bebas,disebabkan oleh remaja-remaja yang selalu melanggar tanpa memikirkan atkibatnya.

        Beberapa faktor yang mempengaruhi pergaulan bebas diantaranya yaitu lingkungan keluarga,lingkungan sekolah,dan lingkungan masyarakat,pengetahuan yang minim,kekecewaan dan lain. Contoh kecil saja misalnya dari lingkungan keluarga seperti adanya perceraian orang tua,tidak adanya perhatian orang tua terhadap anak,konflik dalam keluarga. Seorang anak yang memasuki masa remaja butuh perhatian lebih,misalkan dia mempunyai masalah ,dia akan berkonsultasi kepada orang tua nya.apabila orang tua tidak memperhatikan anaknya,anak itu akan berpaling  kepada temannya dan jika ia salah memilih teman,maka terjerumus lah dia ke dalam pergaulanbebas.

Contoh juga pada lingkungan sekolah,misalkan dia tidak mempunyai teman disekolah dan selalu dikucilkan temanya, ataupun ajakan yang dilakukan temannya agar mau mencoba narkoba, karena merasa dia tidak mempunyai teman ,maka dia berani mencoba narkoba tersebut, itu juga akan menyebabkan remaja tersebut terjerumus kedalam pergaulan bebas.

          Akibatnya di jaman ini banyak remaja yang putus sekolah karena hamil.oleh karena itu ,dalam masa pacaran,anak hendaknya diberi pengarahan tentang idealisme dan kenyataan.anak hendaknya ditumbuhkan kesadaran bahwa kenyataan sering tidak seperti harapan kita,sebaliknya harapan tidak selalu menjadi kenyataan.demikian juga dengan pacaran.keindahan dan kehangatan pacaran sesungguhnya tidak akan terus berlangsung selamanya.hidup seks bebas remaja secara umum , di pondokan dan di kos-kosan tampaknya semakin berkembang. Seks bebas di kalangan anak kos,karena kondisi yang jauh dari bimbingan orang tuanya. Perlu adanya seks edukasi bagi remaja-remaja setidaknya dapat mengurangi terjadinya pergaulan bebas.
Bismil Tirta Jalisman

5 Situs Warisan Dunia UNESCO Di Indonesia

Previous article

Romo Widodo : Manusia Beragama Senantiasa Pancarkan Perasaan Damai

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Opini