Opini

Pemuda Merupakan Ujung Tombak Perubahan

0

Nagara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang baru saja dinyatakan sebagai salah satu negara maju oleh Presiden Amerika Donald Trump, kini sedang mengalami Pandemi Covid-19 sebagaimana negara-negara lainnya yang ada di dunia. Berdasarkan data yang tercatat dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) terdapat 193 negara. Dari sekian banyak negara diperoleh data bahwa hanya 10 negara yang terbebas dari penyebaran virus corona. Kesepuluh negara tersebut adalah; Palau, Micronesia, Marshall Islands, Nauru, Kribati, Solomon Islands, Tuvalu, Samoa, Vanuatu, dan Tonga. Namun demikian kesepuluh negara tersebut juga terdampak di bidang ekonomi karean wabah virus Corona.

Virus corona yang mewabah di dunia termasuk Indonesia tentunya memberikan dampak yang luas, beberapa dampak yang dapat kita rasakan diantaranya; dibidang teknologi, bidang ekonomi, bidang pendidikan, bidang sosial, dan bidang kesehatan.

Baru-baru ini di Kota Padang – Samtera Barat, dalam rangka peringatan hari sumpah pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober,  para pemuda yang berasal dari berbagai latar belakang agama dan organisasi kepemudaan diantaranya; GP Ansor, Banser, PMII, KMK Unes, Satma PP, PELITA, dan Forkasi Buddhis, yang di koordinir oleh Lembaga Pengembangan Keagamaan Buddha (LPKB), melakukan kegiatan sosial dengan membagikan Masker dan Vitamin C secara gratis kepada masyarakat.

Dedi Susanto yang merupakan Ketua LPKB sekaligus Ketua Pelaksana kegiatan tersebut menyatakan; “Kesadaran masyarakat untuk mematuhi Protokol Kesehatan sudah mulai meningkat terbukti dengan makin sedikit masyarakat pengguna jalan yang tidak menggunakan masker, namun demikian masih cukup banyak yang belum memiliki kesadaran untuk menjaga kesehatan diri dengan mengenakan masker. Kami masih menemukan pengguna jalan yang maskernya tidak dikenakan dan bahkan tidak memiliki masker”.

Lebih lanjut beliau menegaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan wujud rasa prihatin dengan kondisi masyarakat khususnya di kota Padang, dimana pasca demo penolakan Undang-Undang Omnibuslaw, kasus Positif penderita Covid-19 meningkat drastis. “Kami berharap kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehtan dan juga kenakan masker. Kita sebagai pemuda harus menjadi ujung tobak perubahan menuju kehidupan yang lebih baik agar perekonomian rakyat bahkan negara bisa segera pulih.

Kegiatan pembagian Masker dan Vitamin C tersebut di awali dengan doa bersama dan memekikan kembali Ikrar Sumpah Pemuda. kegiatan dimulai dari Sekretariat LPKB yang beralamatkan di Jl. Pondok No. 109 Kota Padang, kemudian berjalan menuju Taman Melati dan di pusatkan di Taman Dipo, namun demikian beberapa pemuda memilih menjemput bola dengan berjalan menusuri pantai (Jalan Samudra). Setidaknya 500 Masker dan 100 kotak Vitamin C, habis di bagikan secara gratis pada hari itu.

“GANAS” NYA CYBERBULLYING BAGI KAUM REMAJA

Previous article

Ust. Dasri : Adanya Duta Damai Kami Harapkan Kembalinya Semangat Positif dari Generasi Muda

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Opini