Berita

Mendidik, Meneliti, dan Mengabdikan diri pada Masyarakat

0

Penelitian lazimnya dilakukan oleh mahasiswa dalam rangka pemenuhan tugas akhir demi diprolehnya gelar pedidikan baik sarjana, magister, maupun doktor. Penelitain sendiri menjadi salah satu bagian penting dari lembaga pendidikan tinggi, sebagaiman yang terkandung dalam Tridarma Perguruan Tinggi yaitu; Pendidikan, Pengabdian dan Penlitian.

Berkenaan dengan Hal tersebut pada hari ini Minggu 15 November 2020, Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha (STIAB) Jinarakkhita menyelenggarakan Webinar Nasional dengan Tema “Penelitian Pendidikan”.


Meskipun diselenggarakan oleh kampus Buddhis, tetapi webinar tersebut terbuka untuk umum. Bapak Komang Sutawan, S.Ag., MM., M.PdB, salah satu dosen STIAB Jinarakkhita mengatakan “Webinar ini terbuka untuk masyarakat luas, khususnya pemerhati dunia pendidikan seperti; dosen, guru, dan pastinya mahasiswa”.


Webinar tersebut dijadwalkan berlangsung dalam tiga sesi dengan pembicara yang berasal dari golongan akademisi dari beberapa sekolah tinggi dan universitas ternama di Indonesia. Adapun jadwal webinar adalah sebagai berikut:


Sesi I: Minggu, 15 November 2020 | 09.00 – 11.30 WIB dengan Tema: Perkembangan Penelitian di Bidang Pendidikan dan Publikasi Penelitian, dengan Narasumber: 1. Papak Prof. Dr. Ing. H. Soewarto Hardhienata dari Universitas Pakuan-Bogor. 2. Bapak Usep Suhud, Ph.D. dari Universitas Negeri Jakarta – Jakarta dengan Moderator: Bapak Sidartha Adi Gautama, S.Ag., M.Pd. Dosen STIAB Jinarakkhita.


Sesi II: Minggu, 22 November 2020 | 14.00 – 15.30 WIB dengan Tema: Perkembangan Penelitian Kualitatif dan Penelitian Kuantitatif di Bidang Pendidikan, dengan Narasumber: 1. Bapak Prof. Dr. Hesti Sadtyadi, M.Si. dari STIAB Raden Wijaya – Wonogiri, 2. Bapak Hasan Hariri, S.Pd., MBA, Ph.D. dari Universitas Lampung – Lampung dengan Moderator: Bapak Poniman, M.Pd. Angota LPM.


Sesi III: Minggu, 29 November 2020 | 09.00 – 11.30 WIB dengan Tema: Penelitian Evaluasi di Bidang Pendidikan dan Penelitian dan Pengembangan (R&D) di Bidang Pendidikan, dengan Narasumber: 1. Bapak Prof. Dr. A. Ghani Rachman, M.Pd. dari Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka – Jakarta, 2. Ibu Prof. Dr. Rugaiyah, M.Pd. dari Universitas Negeri Jakarta- Jakarta. Dengan Moderator: Susanto, M.Pd Dosen STIAB Jinarakkhita.


Webinar Nasional ini dibuka oleh Bapak Drs. Supriyadi, M.Pd.yang menjabat sebagai Direktur Urusan dan Pendidikan Agama Buddha Dirjen Bimas Buddha Kementrian Agama Republik Indonesia, dalam pembukaannya beliau memberi apresiasi setinggi-tingginya kepada STIAB Jinarakkhita yang telah memberikan jawaban dari masyarakat khususnya para mahasiswa tentang efektifitas mahasiswa dalam bimbingan saat pelaksanaan penelitian dan penyususnan laporan penelitian dimasa Pandemi Covid-19.
“Saya juga memberi apresiasi setinggi-tingginya kepada para narasumber yang sangat luar biasa dan juga kepada seluruh peserta webinar ini, pesan saya gunakan kesempatan yang baik ini untuk mendapatkan lebih banyak pengetahuan dari narasumber yang saya tau mereka adalah orang-orang hebat” lanjut beliau dalam pembukaan webinar yang dilangsungkan via zoom.


Webinar yang berlangsung selama 2,5 jam tersebut berjalan dengan baik dan tertib, terbukti para peserta dapat mengikuti tata tertib yang disampaikan oleh panitia. Bagi para pemerhati dunia pendidikan yang tidak dapat mengikuti webinar tersebut via Zoom dapat mengikutinya lewat Youtube di Canel STIAB Jinarakkhita.

Pada sesi pertama ini setidaknya ratusan peserta dari berbagai latar belakang profesi dan berbagai provinsi mendapatkan ilmu yang sangat berarti.
Bapak Usep Suhud, Ph.D sebelum memulai materinya tentang Pulikasi Penelitian menyatakan “Penelitan bukan semata-mata untuk mencapai gelar pendidikan tetapi juga dapat memberi sumbangsih atau bermanfaat bagi masyarakat, demi terciptanya generasi penerus bangsa yang cerdas dan berkarakter”.

Berdamai dengan Diri Sendiri? Seperti Apa?

Previous article

Perdebatan dan Solusi!!!

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Berita