Opini

Memaknai Hari Kebangkitan Nasional Ditengah Pandemi

0

Kebangkitan Nasional merupakan bangkitnya semangat nasionalisme, persatuan, kesatuan dan kesadaran sebagai sebuah bangsa untuk menggabungkan diri melalui gerakan organisasi yang sebelumnya tidak pernah muncul selama penjajahan.

Kebangkitan Nasional dapat diartikan sebagai upaya menerapkan dalam mengisi kemerdekaan dengan pembangunan di segala bidang termasuk pembangunan kesejahteraan sosial. Kebangkitan Nasional adalah untuk mengenang kembali bagaimana semangat perjuangan bangsa Indonesia tempo dulu untuk mengisi kemerdekaan dengan berbagai kegiatan pembangunan.

Kebangkitan Nasional ditandai dengan lahirnya Organisasi Boedi Oetomo 20 Mei 1908 oleh Dr. Wahidin Soedirohoesodo dan Dr. Soetomo. Organisasi sosial intelektual ini menyatukan semangat persatuan dan kesatuan bangsa untuk mewujudkan kemerdekaan  bangsa Indonesia. Cita-cita ingin merdeka akhirnya terwujud pada tanggal 17 Agustus 1945. Hal ini menjadi bukti bahwa kemerdekaan suatu bangsa diwujudkan dengan persatuan dan kesatuan bangsa itu sendiri.

Momentum peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) kali ini masih dalam suasana covid-19, Tentunya, sebagai momentum untuk membangun optimisme bangsa agar bergerak mengatasi permasalahan-permasalahan dan tantangan bangsa Indonesia. Salah satunya dalam memutus mata rantai penyebaran pandemi covid-19. Harkitnas menjadi momentum penting untuk mendorong masyarakat Indonesia untuk terus beradaptasi  dan berinovasi dengan dinamika yang ada.

Dalam rangka peringatan Hari Kebangkitan nasional (Harkitnas) yang ke-113 pada 20 Mei 2021 ini, pemerintah mengumumkan melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan tema “Bangkit! Kita Bangsa yang Tangguh”. Tema ini mengingatkan bahwa semangat Hari Kebangkitan nasional mengajari untuk selalu optimis dalam menghadapi masa depan dari berbagai tantangan dan persoalan yang ada.

Sebagai generasi muda masa kini, kita dapat mengambil peran dalam memperingati dan terus menyuarakan aspirasi kemerdekaan agar Indonesia semakin maju dan terus eksis kedepan meskipun tengah berada di masa pandemi.

Saat ini apa titik tujuan kita? Jelas sekali bahwa kita harus membebaskan bangsa ini dari ancaman covid-19. Ini bukan sekadar ancaman penyakit. Ini adalah ancaman terhadap keselamatan kita sebagai individu, juga ancaman terhadap keselamatan kita sebagai bangsa. Yang sudah segera terlihat, selain kerugian medis, adalah kerugian ekonomi. Efek ekonomi ini tidak hanya harus kita tanggung selama wabah ini berlangsung, tapi beberapa tahun setelahnya. Efek ekonomi ini bisa saja merambat ke hal lain seperti politik, dan pertahanan.

Dengan semangat Boedi Oetomo yang moderat, nasionalis, dan jalan tengah, ditambah sumber daya yang kita miliki, semangat kegotongroyongan seluruh komponen bangsa dan kepemimpinan krisis yang andal, saya yakin Indonesia mampu bangkit serta keluar dari krisis pandemi Covid-19 ini. Selamat Hari Kebangkitan Nasional!

“Selamat Hari Kebangkitan Nasional, sejatinya bangkit adalah perjuangan bersama-sama untuk membawa Indonesia lebih maju. Yuk, bersama-sama bangkit dan berkarya untuk bangsa ini.”

PERSPEKTIF : ERDOGAN “TIDAK PERLU MENJADI MUSLIM UNTUK MEMBELA BANGSA PALESTINA, CUKUP ANDA MENJADI MANUSIA”

Previous article

Idul Fitri Perekat Persaudaran

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Opini