OpiniTak Berkategori

Marilah Ciptakan Kedamaian

0

Damai merupakan sesuatu hal yang indah. Hidup dalam kedamaian membuat masyarakat tentram, semua orang saling menghormati dan saling menghargai perbedaan demi tercapainya kedamaian tersebut. Damai dalam budaya Indonesia adalah kerukunan dalam keberagaman.

Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki suku, bahasa, ras, dan agama yang amat banyak dan berbeda-beda, dengan keberagaman ini seharusnya indonesia terpecah belah karena perbedaan ini, akan tetapi indonesia bisa bersatu dengan adanya ideologi negara dan juga sudah tertera pada alinea ke-4 pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 adalah ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

Salah satu konsekuensi dari tujuan tersebut adalah bangsa Indonesia harus senantiasa berperan serta dalam menciptakan kedamaian dunia.Dan juga bahasa persatuan yaitu Bahasa Indonesia yang membuat negara indonesia menjadi damai dan tentram. Keberagaman di Indonesia sangat tinggi, karena keberagaman orang Indonesia yang membuat persatuan bangsa ini menjadi kuat. Ditambah lagi dengan masyarakat yang memiliki toleransi yang sangat tinggi.

Yang kita takuti diera globalisasi ini, semua sudah dipengaruhi akan teknologi dan jaringan sosial, yang mana masyarakat sangat mudah terpengaruh akan ujaran kebencian yang dapat membuat kehancuran. Ada hal positif dan negtif dari pengaruh globalisasi ini, tergantung dari individu yang menyikapi dan memilah hal-hal yang baik dan tidaknya, ini kembali ke individu masing-masing dan ditambah dengan pendidikan yang mencukupi untuk masyarakat bisa memilih hal-hal positif yang bisa diambil, demi terciptanya kedamaian dan ketentraman antar masyarakat, supaya tidak terjadi perpecahan. Bagaiman cara kita menciptakan kedamaian? sebenarnya menerapkan kedamaian itu sangat muda. Hindari konflik antar sesama, yang membuat perpecahan seseorang konflik dan kurangnya toleransi karena itu kita harus menerapkan hidup rukun dan damai.

Kita bisa ikut aktif dalam menciptakan suasana damai, jadilah warga negara indonesia sesungguhnya. Amalkan nilai pancasila di dalam kehidupan sehari kita. Nah wujud dari kedamaian itu adalah, semua orang merasakan kedamaian, tidak adanya kebencian ataupun kekerasan di dalam perilaku ataupun perkataan. Dengan berperilaku baik dan sopan saja kita sudah berperan aktif untuk menciptakan kedamaian. Hal ini sangat penting, saat sekarang ini semakin banyak tersebarnya informasi sesat yang bisa membuat kedamaian pecah dinegara ini.

Tidak hanya di dunia nyata, tapi juga banyak di dunia maya. ujaran kebenciaan banyak timbul di sosial media dari pada dunia nyata, karena di sosial media banyak pihak yang tidak bertangung jawab yang menyebar luas kan kebencian ini yang sangat mengkhawatirkan. Akibatnya, tidak sedikit diantara generasi muda menjadi korban dari propaganda kelompok radikal ini.

Mari tanamkan didalam diri kita, untuk mejadi pribadi yang baik, yang aktif menyebarkan kedamaian. Kedamaian ini tidak hanya dalam bentuk prilaku tapi juga dalam setiap perkataan. Setiap perilaku dan perkataan tidak pernah menyakiti orang lain jika itu perkataan dan perilaku yang baik, perkataan juga bisa membuat orang tersingung jika kita tidak berfikir untuk berbicara. jadilah perilaku yang baik untuk orang dan diri kita sendiri. Maka dari itu marilah kita menjadi generasi yang cinta damai. Jangan mudah tergoda bujuk rayu kelompok radikal, untuk menjadi bom bunuh diri atau pun menjadi pemecah belah negara. Jadi bangktilah menjadi generasi yang menciptakan kedamaian dan cinta damai karena damai itu indah.

Bismil Tirta Jalisman

Kerukunan Umat Beragama Dalam Prespektif Komunikasi

Previous article

Prof. Hendri Subiakto bicara UU ITE dan Hoaks di Podcast Deddy Corbuzier

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Opini