Edukasi

Mari Ketahui Ciri-ciri Toxic People yang Harus Diwaspadai

Ditulis oleh Husnul Hayati

0

Toxic people adalah istilah untuk seseorang yang ‘beracun’ atau sifat pribadi yang suka menyusahkan dan merugikan orang lain, baik itu secara fisik atau emosional. Seseorang dianggap toxic saat ia menebarkan sesuatu yang negatif ke lingkungan sekitarnya. Biasanya toxic people ditemukan melalui media sosial, meskipun di dunia nyata juga cukup banyak.
Mungkin beberapa dari anda secara tak sadar pernah berada di dalam lingkungan yang penuh dengan toxic people alias teman-teman yang ‘beracun’. Biasanya, tipe-tipe orang ini suka bersikap egois dan hanya berteman untuk kepentingan pribadinya. Maka dari itu anda perlu mengetahui ciri-ciri atau tanda-tanda toxic people. Nah ini ciri-ciri toxic people!

  1. Mudah menghasut
    Toxic people biasanya suka menghasut orang lain agar membenci atau menceritakan keburukan orang lain. Lebih dari itu biasanya toxic people akan berusaha mengahsut pendengarnya agar ikut marah dan membenci orang yang diceritakannya agar si pendengar ikut berpihak kepadanya.
  2. Selalu mengkritik
    Senang mengkritik seseorang namun enggan mendengarkan pendapat orang lain, merupakan salah satu ciri toxic people. Mereka akan sangat senang membicarakan keburukan dan kesalahan orang lain, namun dia sangat tidak suka jika seseorang ada yang mengkritiknya.
    Merasa dirinya yang paling benar
  3. Merasa paling benar dan paling hebat sering disebut dengan Thanos Syndrome atau sindrom Thanos yang biasanya dimiliki oleh orang-orang yang berkepribadian toxic. Sindrom Thanos adalah perasaan paling hebat dan paling benar. Merasa dirinya sudah melakukan yang terbaik. Seringkali mengira semua hal akan berantakan dan berjalan tidak mulus jika dirinya tidak ada.
  4. Gampang merendahkan dan meremehkan
    Apa pun kesuksesan atau keberhasilan orang lain, toxic people akan selalu menyangkal. Ketika dia tahu ada orang di dekatnya berhasil dan mendapat suatu pencapaian, dia secara tidak langsung akan membanding-bandingkan secara negatif dengan dirinya sendiri, atau bahkan menjatuhkan.
  5. Sulit untuk meminta maaf
    Selain menyebalkan dan merugikan, toxic people tidak bisa minta maaf, meski mereka sudah jelas-jelas salah. Mereka akan menganggap kesalahan mereka itu disebabkan oleh orang lain.
  6. Senang menjadi pusat perhatian
    Toxic people biasanya enggan untuk mendengarkan cerita orang lain hingga tuntas, mereka akan cenderung menyela orang yang sedang berbicara kemudian mengganti dengan topik yang meninggikan namanya. Toxic people senang sekali menjadi pusat perhatian dengan membuat orang lain fokus hanya pada dirinya.
  7. Suka memanipulasi orang lain
    Sikap menyebalkan lainnya dari toxic people adalah sikap yang suka mengontrol dan memanipulasi orang lain. Mereka akan membuat orang lain melakukan apa yang mereka inginkan. Mereka akan menggunakan orang lain untuk mencapai tujuan mereka. Mereka juga tidak ragu untuk berbohong dan berkelit dengan sejuta alasan bila kebohongannya terkuak.

Setelah mengetahui ciri-ciri toxic people diatas, mari kita sama-sama menjauh dari lingkungan pertemanan yang dirasa memberikan dampak kurang baik untuk masa depan kita. Lingkungan pertemanan adalah lingkungan pertama yang akan membentuk karakter kita, karna kita adalah siapa dari teman-teman kita. Jikalau berteman dengan tukang parfum maka kita akan kecipratan sedikit baunya.
Mari sama-sama mencari lingkungan pertemanan yang sehat!!
Sumber: indozone.id

100 Tahun Usmar Ismail, Seniman Yang Terlupakan Dari Bukittinggi

Previous article

Usai Penangkapan Terduga Terosisme di Bukittinggi, Ini Respon Kelurahan Bukik Apik Puhun

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Edukasi