Nasi Padang memang makanan khas Sumatera Barat yang sangat digemari seluruh masyarakat Indonesia. Restoran atau rumah makan yang menyediakan hidangan nasi padang juga dapat ditemukan diseluruh wilayah di Indonesia. Di asalnya sendiri di Sumatera Barat terdapat Rumah Makan Padang atau Warung Nasi Ampera yang sama-sama menyediakan hidangan khas Minang ini.

Namun, selain nama dan label penyebutannya berbeda ternyata ada beberapa hal lain yang menjadi pembeda antara rumah makan padang dengan warung nasi ampera walau hidangan yang disediakan sama.

Menurut penjual rumah makan padang dan warung nasi ampera bahwa dua tempat makan ini berbeda konsep.

  1. Cara pemesanan Warung nasi ampera mirip dengan warteg yaitu pembeli akan menyebutkan atau menunjukkan lauk pauk di etalase yang akan di beli/di makan. Sedangkan rumah makan nasi padang kita tidak perlu menyebutkan lauk yang akan kita makan karena saat kita duduk di tempat makan maka pelayan akan menyusun semua lauk pauk yang mereka jual dan pembeli bisa memilih lauk apa yang mereka ingin makan.
  2. Warung makan ampera makanannya langsung dihidangkan bersama dengan lauk pauk dan sayuran di piring yang sudah ada nasi. Sedangkan rumah makan padang lauknya akan disajikan dipiring-piring kecil.
  3. Cara pembayaran warung nasi ampera juga mirip dengan warteg yaitu apa yang pembeli pesan itu yang pembeli bayar walaupun tidak disentuh atau dihabiskan. Namun, di rumah makan padang walaupun kita disajikan tumpukan lauk namun kita tidak membayar semuanya, kita hanya membayar lauk yang kita makan saja.
  4. Secara harga warung nasi ampera lebih murah dibandingkan dengan rumah makan padang,  karena warung ampera biasanya hanya di warung-warung kecil sedangkan rumah makan padang sudah pasti ruko atau berbentuk restoran.
  5. Jumlah warung ampera lebih banyak dibandingkan rumah makan padang. Karena harganya yang lebih murah pedagang, tukang ojek dan masyarakat sekitar lebih memilih warung ampera sedangkan rumah makan atau restoran padang akan lebih banyak dikunjungi wisatawan atau orang dengan ekonomi keatas.

Nah, itu dia beberapa perbedaan warun nasi amperan dengan rumah makan padang. Ternyata banyak juga ya perbedaannya. Jadi, selama ini teman-teman makan nasi padang dari Warung Ampera atau di Rumah Makan atau Restoran Padang langsung? Tidak masalah beli dimana, yang penting dengan kita menyukai masakan khas Sumatera Barat ini menunjukkan bahwa kita bangga dengan kekayaan yang dimiliki bangsa Indonesia.

Anime Ao Ashi : Penyerang Yang Dipaksa Jadi Full Back

Previous article

Apakah kamu seorang Duck Syndrome?

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.