Berita

Mengenal Sosok R.A. Kartini Sang Pahlawan Perempuan Indonesia (Part 1)

0

Hari ini 21 April 2021, bertepatan dengan Perayaan Hari Kartini secara nasional yang senantiasa dilakukan dan diperingati oleh seluruh masyarakat Indonesia, sebagai bentuk untuk mengenang dan mengapresiasi serta melanjutkan kiprah seorang Ibu Kartini di masa lalu. Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat yang selanjutnya kita kenal dengan R.A. Kartini. Beliau adalah salah satu tokoh perempuan hebat di Indonesia yang sudah melakukan perubahan besar bagi kaum perempuan Indonesia pada masanya.


Beliau berasal dari Jawa yang berperan penting dalam kebangkitan Perempuan Pribumi Nusantara. Beliau mendobrak sekat-sekat yang membelenggu bagi kaum perempuan kala itu, serta memberantas stigma-stigma dari masyarakatnya yang menganggap bahwa kaum perempuan hanya memiliki peran di ruang-ruang domestic seperti menjadi Ibu Rumah Tangga saja. Bagi masyarakat kala itu kaum perempuan tidak berhak untuk ruang yang lebih bebas, tidak boleh berpendidikan tinggi dan sebagainya, apalagi sampai melebihi kaum laki-laki.


Kenapa 21 April dipilih sebagai hari perayaan untuk memperingati R.A Kartini? Sebab pada 2 Mei 1964, president RI yakini Bapak Soekarno mengangkat R.A. KArtini sebagai pahlawan Kemerdekaan Nasional. Lalu 21 April dipilih sebagai hari peringatan beliau adalah dikarenakan tepat 21 April 1879 merupakan hari kelahirannya. Sejak itulah setiap tahunnya pada tanggal 21 April Indonesia selalu merayakan Hari R.A. Kartini.


R.A. Kartini merupakan seorang putri dari bupati Jepara yang bernama Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat dan ibunya yang bernama M.A. Ngasirah. R.A. Kartini menikah pada usia yang relatif muda dengan seorang Bupati Rembang, yakni Raden Adipati Djojodiningrat.


Hari ini kita kembali merayakan Hari Kartini yang kesekian kalinya, sebagai perempuan Indonesia yang hidup dilingkungan yang serba berkembang tentu kita memiliki tantangan tersendiri untuk menjadi penerus dari kiprah seorang ibu kita Kartini, ditambah lagi dengan budaya patriarki yang secara sadar atau tidak masih saja berkembang di negeri ini, ditambah lagi kasus kekerasan terhadap perempuan hari ini kian meningkat setiap tahunnya.

Semoga kita mampu menjadi penerus dari perjuangan ibu Kartini untuk mengangkat derajat dan kedudukan perempuan di ruang public, serta pendidikan dan menggapai cita-citanya. Perjuangan kita masih panjang untuk bisa menjadi para perempuan-perempuan yang berdaya di negeri ini. selamat Hari Kartini untuk semua perempuan-perempuan yang berada di negeri ini, apapun statusmu, kiprahmu, pekerjaanmu, kamu adalah perempuan yang bermakna, berharga, dan penggerak untuk menjadi lebih baik versi dirimu sendiri.

Nuraini Zainal

PUASA WAJIB DIJALANKAN OLEH SETIAP ORANG

Previous article

KARTINI DAN PEREMPUAN INDONESIA SAAT INI

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Berita