Edukasi

Generasi Emas

0

By Ivanium Basmai


Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya, suku bangsa, bahasa, ras dan agama. Hal ini tentu harus kita syukuri karena dapat kita maknai sebagai anugerah dari Tuhan yang maha esa yang harus dijaga dan dilestarikan.

Berbicara mengenai perbedaan , di Indonesia terdapat berbagai macam perbedaan, salah satunya adalah perbedaan dari segi agama. Di Indonesia kita memiliki berbagai macam agama dan tentunya memiliki perbedaan dari masing-masing agama baik dari segi tradisi dan tatacara melaksanakan ibadah itu sendiri.

Walaupun ada berbagai macam agama di Indonesia namun hal ini tidak menjadi alasan untuk tidak saling menghormati dan tidak saling menghargai satu sama lain. Di indonesia sendiri sering diajarkan untuk menanamkan perilaku saling menjaga satu sama lain dan saling mengormati dalam kehidupan sehari-hari tanpa memandang asal ras, perbedaan suku dan agama. Siapapun pasti menginginkan toleransi meskipun tidak terlalu mudah untuk mengajak Semua orang untuk toleransi di negara yang memiliki keberagaman yang sangat banyak ini, namun kita bisa memulainya dari diri kita sendiri. Toleransi sendiri adalah sebuah sikap untuk saling menghargai, menghormati, pendapat, pandangan dan kepercayaannya individu atau kelompok.

Sejatinya toleransi dapat mendatangkan kebaikan dan keharmonisan. Setiap individu yang menjalankan hidup dengan bertoleransi pasti bisa saling berdampingan dengan segala perbedaan. Baik itu perbedaan agama, latar belakang keluarga, dan perbedaan pendapat.

Oleh karena itu , dengan mengajak dan menyadarkan masyarakat akan pentingnya toleransi, maka akan muncul hal hal baik dalam keberlangsungan hidup, seperti terciptanya keharmonisan, semakin kuatnya persatuan, meningkatkan sikap nasionalisme, dan terwujudnya lingkungan yang dipenuhi kedamaian, oleh karena itu mari kita menjadi generasi emas yang selalu menjunjung tinggi nilai2 toleransi dalam kehidupan sehari-hari.

SELF HEALING, APA PERLU?

Previous article

Setengah Jam Bersama Buya Syafii Maarif

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Edukasi