Edukasi

Dina Sulaiman: Teroris Timur Tengah Keuangannya Berasal…

0

Banyak kelompok teroris yang ada di belahan bumi ini, salah satu kelompok teroris terbanyak berasal dari daerah Timur tengah. Dua kelompok teroris terbesar di wilayah timur tengah adalah Al-qaeda dan Islamic State of Iraq and Suriah.

Dina Y. Sulaeman, lahir di Semarang pada 1974. Penerima summer session scholarship dari JAL Foundation untuk kuliah musim panas di Sophia University Tokyo ini lulus dari Fak. Sastra Arab Universitas Padjadjaran tahun 1997. Tahun 1999 ia meraih beasiswa S2 dari pemerintah Iran untuk belajar di Faculty of Teology (jurusan Hukum Islam), Tehran University, tapi hanya ditempuhnya satu semester. Tahun 2002-2007 ia berkarir sebagai jurnalis di Islamic Republic of Iran Broadcasting. Tahun 2011, ia meraih gelar magister Hubungan Internasional dari Universitas Padjadjaran. Tahun 2016, gelar Doktor Hubungan Internasional berhasil diraihnya dari Universitas Padjadjaran, dengan yudisium ‘sangat memuaskan’.

Tepat hari ini Dina di wawancarai oleh deddy corbuzier di channel youtubenya. Dalam channel youtubenya Deddy corbuzier menjelaskan dina sulaiman sebagai pakar geopolitik Timur tengah.

Hal yang menjadi sorotan dalam podcast tersebut yaitu tentang pendanaan kelompok teroris di timur tengah dan siapa negara dibalik tindakan terorisme di timur tengah tersebut.

Menjelaskan Hal tersebut Dina menjelaskan bahwa Amerika yang banyak dituding oleh orang sebagai negara dibalik ISIS sering bermain dengan dua kaki. Hal ini menurut dina dapat dijelaskan dengan disatu sisi mereka membantu pemerintah suriah dan disatu sisi lainnya juga membantu kelompok “ISIS”. Dina juga menjelaskan bahwa aliran senjata ISIS berasal dari negara teluk dan amerika serikat.

Dina juga menyebutkan bahwa sangat mungkin amerika ingin menguasai suriah. Rekam jejak amerika serikat memang menunjukkan hal tersebut. Pada perang afganistan, beberapa tahun kemudian amerika serikat mengakui membiayai kelompok pejuang “Mujahidin” untuk melawan unisoviet pada perang dingin. Kemudian di buku pelajaran SD di Aganistan kata-kata kebencian pada komunis di gaungkan. Selanjutnya Dina juga menjelaskan bahwa hillary clinton yang pada masa itu sebagai menteri luar negeri amerika serikat bahwa hal tersebut adalah investasi jangka panjang.

Dina melanjutkan bahwa Kebijakan amerika serikat didominasi oleh tiga kelompok besar yaitu Ultra-nasionalis, neo-konservati dan kelompok kristen evangelic. Persamaan dari ketiga kelompok ini adalah menguasai sumber daya minyak dan gas di timur tengah, memperkuat dominasi amerika serikat dan terakhir melindungi israel.

Dina menjelaskan banyak lembaga pendanaan yang bergerak dalam pengumpulan dana untuk suriah yang menyumbangkan dana sumbangan dari masyarakat indonesia kepada kelompok teroris suraiah. Hal ini tidak sengaja terbidik oleh kamere ueronews channel dan dari dus-dus sumbangan yang terkumpul ada tulisan sumbangan dari lembaga pendanaan indonesia ini.

Dina menjelaskan bahwa sebenarnya kelompok radikal di indonesia bisa untuk dihilangkan dengan cara menyetop sumber pendanaan mereka. Hal ini dilakukan agar mereka tidak dapat berkembang secara leluasa seperti yang terjadi di suriah dimana ISIS dan sekutunya berkembang dengan cepat karena sumber pendanaan mereka sangat besar baik dari sumbangan atau dari negara yang ingin menguasai sumber daya minyak dan gas suriah.

Gusveri Handiko
Blogger Duta Damai Sumbar Tamatan Universitas Andalas Padang Menulis Adalah Salah Satu Cara Untuk Berbuat Baik

    BOM BUNUH DIRI BUKANLAH JIHAD TAPI JAHAD

    Previous article

    Propaganda ISIS Melalui media sosial

    Next article

    You may also like

    Comments

    Leave a reply

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    More in Edukasi