EdukasiOpini

Cerdaslah Menggunakan Teknologi Modern

0

Perkembangan teknologi komunikasi di era kini sangatlah pesat. Teknologi komunikasi di yang diiringi dengan kehadiranmedia massa juga telah memberi banyak perubahan dalam kehidupan bermasyarakat. Saat dimana kita hidup seekarang ini dapat dikatakan sebagai era digital. Dalam era digital semacam ini dunia berada dalam genggaman kita. Sekalipun kita hanya berada pada satu tempat dan satu waktu, namun kita dapat memantau keadaan di seluruh dunia, bahkan kita dihubungkan melaluimedia sosial dengan semua orang. Kita juga tidak dapat membendung arus informasi yang mengalir begitu deras, tidak hanya melalui media massa, namun juga melalui media sosial.

Media sosial saat ini tidak hanya dipandang sebagai ajang bersosialisasi di dunia maya semata, namun sudah berkembang menjadi ajang menuangkan yang berkaitan dengan banyak aspek serta membagikanya kepada orang lain. Bila kita mencermati femenomena yang terjadi di media sosial, kita akan dibuat tercengang. Bagaiman tidak, media sosial sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan generasi digital saat ini. Kedasyatan kekuatan pengaruh media sosial digunakan untuk mempengaruhi opini-opini publik yang menggunakan media sosial tersebut. Banyak berita beredar di media sosial. Namun yang menjadi masalah adalah ketika media sosial disalahgunakan sebagai ajang propaganda negatif untuk suatu kepentingan tertentu. Perkembangan teknologi komunikasi ponsel yang makin canggih ini juga diikuti dengan makin mudahnya seseorang mengakses informasi, baik berita, hiburan, media sosial dan lainya.  Hal ini tidak terlepas dari mudahnya mengakses internet melalui ponsel cerdas atau smartphone. Dalam melakukan aktivitas komunikasi melalui internet, seseorang memanfaatkan jaringan yang saling terhubung antara satu perangkat dengan perangkat lainya. Internet yang saat ini dengan mudahnya sesorang menjadi ketagihan sehingga tidak mengenal waktu untuk mengaksesnya. Hal-hal yang tidak menyenangkan dari kemudahan mengakses internet ini yang menjadikan literasi media karena suatu hakyang penting. Karena mau tidak mau, mengakses berita yang harus diedukasi untuk dapat memanfaatkan internet dengan baik.

Yang kita ketahui sekarang dimasa pandemi ini semua pembelajaran disekolah dan di kampuspun dialihkan menjadi daring, dimana semua pembelajaran semua melalui polsel atau smartphone. Tentu hal tersebut meberikan pengaruh kepada siswa, baik itu pengaruh negatif ataupun positif.  Secara positif, pembelajaran daring bersifat fleksibel, yaitu bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja sesuai dengan kondisi yang ada. Karena waktu banyak dihabiskan di rumah saja, pembelajaran daring juga dapat menambah kedekatan antara siswa dan orang tua mereka.  Dan juga pembelajaran online juga menumbuhkan tanggung jawab dan  otonomi mahasiswa dalam belajar. Dan para siswa lebih berani untuk mengungkapkan pendapat atau ide- ide yang mereka punya.

Selain adanya pengaruh positif ada juga pengaruh negatifnya yaitu, banyak siswa yang mengeluh akan kurang efektifnya akan pembelajaran secara online ini, seperti tugas yang diberikan terlalu banyak dan materi yang jarang diterangkan terlebih dahulu, jaringan internet yg kurang memadai,sulitnya memahami materi yang diberikan oleh guru, dan masih banyak pengaruh negatif lainya.

Karena salah satunya adalah permasalahan jaringan itu disebabkan karena daerah atau tempat tinggal siswa yang berbeda- beda, wajar saja jaringan internetpun berbeda-beda. Seperti siswa yang tinggal diperkotaan mungkin mereka bisa mendapatkan akses jaringan yang sangat bagus, sedangkan siswa yang tinggal di perdesaan atau perkampungan mungkin mereka  kesulitan mendapaykan akses jaringan internet dan merekapun harus menuju kekota atau ketempat akses jaringan internet yang bagus untuk mereka memulai pembelajaran online. Dan gurupun harus mampu memahami keaadan yang dialami oleh masing- masing siswanya, senhingga pengaruh negatif dari pembelajaran daring dapat diminimalisir.

Dan karena adanya sekolah online sekarang anak-anak berumur 6tahun sudah diberi smarphone oleh orang tuanya, padahal anak- anak umur segitu belum sepantasnya diberikan smartphone karena itu akan  merusak otak dan merusak mata pada anak-anak tersebut. Sedangkan sekarang banyak yang sudah menyalah gunakan smartphone, seharusnya smartphone digunakan untuk hal yg positih shrecing hal yg positif tapi anak- anak kecil sekarang sudah bisa melihat hal-hal yg tidak patut dilihat karena tidak diperhatikan oleh orang tuanya, oleh karena itu seharusnya anak dibawah umur harus selalu didampingi dan selalu diperhatikan jika sudah melihat ponsel, apalagi sekarang sudah ada namanya aplikasi Tiktok, facebook, intagram, disana banyak sekali hal negatif yang sering keluar, seperti video yang tidak senonoh, perkelahian, dll. Mulai dari sekarang cerdas lah mengunakan jaringan internet dan smartphone karena disana banyak pengaruh negatifnya dan sedikit pengaruh positifnya, jadi gunakanlah sesuai kebutuhanya, dan sharee lh hal-hal yang positif.

Bismil Tirta Jalisman

Bangkit Bersatu Untuk Indonesia Maju

Previous article

Gaya Beratarung Luffy Yang Membuat Dia Spesial

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Edukasi