Gelaran Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-34 tahun 2021 yang berlangsung di Universitas Sumatera Utara (USU) baru saja berakhir tanggal 29 Oktober 2021 lalu.
Sebanyak 3.126 mahasiswa yang tergabung dalam 735 tim dan dari 108 perguruan tinggi telah mengikuti kegiatan Pimnas 2021.

Kegiatan ini merupakan kompetisi akademik tahunan tingkat nasional yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Meski dilaksanakan secara daring, sebagai penyelenggara, USU berkomitmen untuk menghadirkan kegiatan yang mengedepankan persatuan dan kesatuan.

“Universitas Sumatera Utara siap berkontribusi sebagai penyelenggara PIMNAS ke-34 dan menghadirkan kegiatan yang kreatif dan inovatif walau dilaksanakan secara daring dengan kondisi saat ini dengan mengedepankan jiwa persatuan dan kesatuan,” tulis keterangan pada laman resmi Pimnas ke-34 USU.

Dalam kompetisi Pimnas ke-34 ini, ada 9 kategori Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), di antaranya:

– PKM-Kewirausahaan

– PKM-Karsa Cipta

– PKM-Karya Inovatif

– PKM-Penerapan Iptek

– PKM-Riset Sains

– PKM-Riset Sosial

– PKM-Gagasan Futuristik Konstruktif

– PKM-Gagasan Tertulis

– PKM-Pengabdian Masyarakat.

Pada Pimnas 2021, juara umum kembali diraih oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan total 54 medali. Raihan ini membuat UGM empat kali secara berturut-turut sejak Pimnas 2018 di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menjadi juara umum.

Adapun untuk peringkat kedua berhasil diraih oleh Institut Pertanian Bogor (IPB) disusul dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember di peringkat ketiga.

Berikut ini peringkat Pimnas 2021 selengkapnya.

1. Universitas Gadjah Mada

2. Institut Pertanian Bogor

3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

4. Universitas Airlangga

5. Universitas Negeri Malang

6. Universitas Brawijaya

7. Universitas Hasanuddin

8. Universitas Diponegoro

9. Universitas Sebelas Maret

10. Institut Teknologi Bandung.

Itulah 10 Besar peringkat universitas di Indonesia dalam Pimnas ke- 34 yang diselenggarakan secara daring oleh Universitas Sumatera Utara. Sementara itu universitas andalas atau Unand yang merupakan universitas no 1 di sumbar diketahui mendapatkan 1 emas yang di dapat oleh Eldi Nuzan, dkk (Tim Harimau Sumatera) dalam kategori Poster PKM-RE, yang di umumkan lewat website Unand sendiri.

Sementara itu untuk universitas negeri padang tidak ada pengumuman resmi terkait keikutsertaan mereka di Pimnas ke 34 kali ini.

Gusveri Handiko
Blogger Duta Damai Sumbar Tamatan Universitas Andalas Padang Menulis Adalah Salah Satu Cara Untuk Berbuat Baik

    Sentimen Agama Yang Berbalut Perpecahan Hingga Terorisme

    Previous article

    Nonton Reikenzan Hoshikuzu Tachi no Utage season 2 Kok Keinget Cuci Otak Ala Teroris ya..

    Next article

    You may also like

    Comments

    Leave a reply

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

    More in Berita