Edukasi

ULAMA DALAM MENEGAKAN PERDAMAIAN

0

Ulama adalah orang berpengetahuan, ahli ilmu, orang yang pandai dalam agama Islam, kata ulama sepadan dengan istilah ulul albab. Ulama adalah merupakah salah satu pemuka utama masyarakat yang membawa kesan perdamaian dan menjunjung tinggi nilai perdamaian di muka bumi ini. Dan keteladanan ulama dalam menegakan perdamaian sangat boleh kita contoh karena perdamaian sangat penting dalam kehidupan kita sehari- hari.


Setiap ajaran agama mengajarkan kepada umatnya untuk hidup rukun dan berdamai. Dan juga mengajarkan kita saling toleransi dan menghargai satu sama lain. Adanya perbedaan agama, ras, dan suku seharusnya kita terpecah belah karna perbedaan, karena ada perbedaanlah kita bisa saling menghargai dan menegakan perdamaian.


Mempertahankan perdamaian di negara yang memegang erat demokrasi bukanlah hal yang mudah. Kita memperlukan banyak elemen masyarakat yang harus ikut andil dan turun tangan dalam mepertahankan dan menegakan perdamaian. Dan elemen yang paling penting untuk mempertahankan dan ikut andil dalam perdamaian Indonesia adalah salah satunya Ulama. Ulama merupakan tokoh islam yang kokoh dalam pendirianya dan ulama bisa berkomitmen dalam perkataan di saat dia menyebarkan ajaran yang baik, maka dari itu ulama sangat penting dalam menyebarkan perdamaian terutama di Indonesia.


Komitmen perdamaian yang dijunjung tinggi oleh ulama yang sangat berpengaruh terhadap masyarakat indonesia. Semoga Ulama merupakan peran utama untuk selalu membawa Indonesia ke zona aman, nyaman dan damai.

ditulis oleh : Bismil Tirta Jalisman

Gambar : Dicky Vernando

Rumah Gadang: Rumah Adat Minangkabau

Previous article

Ulama Dimata Orang Awam (Common People)

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Edukasi