Edukasi

TIPS PINTAR MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS

0

By Ivanium Basmai

Banyak orang merasa kesulitan ketika mempelajari keterampilan berbicara bahasa Inggris dan memutuskan untuk menyerah, tetapi tahukah Anda bahwa meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris sebenarnya tidak sesulit yang Anda pikirkan. Anda hanya perlu belajar secara teratur dan konsisten.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa bahasa inggris merupakan bahasa internasional yang wajib untuk dipelajari di era sekarang ini. Apalagi ketika Anda ingin mencari pekerjaan atau ingin mendapatkan beasiswa sekolah di luar negeri atau bahkan hanya ingin berkeliling dunia saja tentu kemampuan bahasa Inggris sangat penting.

Salah satu hal yang penting untuk ditingkatkan adalah kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris. Seringkali kita merasa sulit untuk berbicara bahasa Inggris karena kurangnya latihan atau bahkan tidak pernah mencobanya tetapi  berpikir bahwa bahasa Inggris sangat sulit untuk dipelajari hanya karena Anda tidak dapat berbicara dalam bahasa Inggris ketika pertama kali mencobanya tanpa memberikan semua usaha Anda untuk itu dan salah satu hal yang membuat pelajar bahasa Inggris merasa sulit belajar bahasa Inggris adalah karena kurangnya kosa kata, namun jangan khawatir karena kita akan menemukan jalan keluar dari permasalahan ini.

Ini adalah beberapa cara untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris Anda:

  1. NGOMONG AJA GAK USAH PEDULIKAN GRAMMAR ERRORS Ketika saya mengatakan kepada Anda bahwa tidak perlu khawatir tentang kesalahan tata bahasa tidak berarti Anda selalu dapat mengabaikan tata bahasa itu, maksud saya adalah bahwa banyak orang menyerah ketika berlatih berbicara bahasa Inggris karena khawatir tentang tata bahasa, mereka khawatir jika orang bisa menilai tata bahasa mereka, tetapi bukan itu intinya ketika Anda belajar berbicara dalam bahasa Inggris. Ketika Anda dalam proses belajar keterampilan berbicara bahasa Inggris, Anda tidak perlu khawatir tentang kesalahan tata bahasa atau kesalahan apa pun yang mungkin Anda lakukan, tetapi Anda hanya perlu berbicara untuk membiasakannya. Ketika Anda terbiasa menggunakannya, Anda dapat mulai berpikir tentang meningkatkan tata bahasa.
  2. PELAJARI KOSA KATA UMUM Salah satu faktor yang membuat sulit untuk berbicara bahasa Inggris adalah kurangnya kosa kata yang membuat kita terbata-bata dalam mengucapkan kata-kata dalam bahasa Inggris, jadi dengan mempelajari kosakata umum akan membantu Anda untuk berbicara bahasa Inggris dengan lancar. Anda dapat mulai mempelajari beberapa kata bahasa Inggris yang selalu Anda gunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti salam, perkenalan, meminta dan menawarkan bantuan.
  3. MENONTON FILM BAHASA INGGRIS Menonton film bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris adalah salah satu cara populer yang digunakan banyak orang, dengan menonton film bahasa Inggris Anda dapat meniru bagaimana penutur asli berbicara dalam bahasa Inggris, Anda juga dapat belajar cara mengucapkan kata-kata dalam bahasa Inggris dan Anda dapat mempelajari tata bahasa dengan meniru bagaimana penutur asli menggunakan kata dan frasa bahasa Inggris.
  4. BICARA DENGAN DIRI SENDIRI Banyak orang yang merasa kesulitan dalam mempelajari keterampilan berbicara bahasa Inggris karena tidak memiliki pasangan untuk diajak bicara, sehingga mereka tidak dapat melatih keterampilan berbicara bahasa Inggris mereka, jadi dengan berbicara sendiri seperti di depan cermin Anda dapat membayangkan bahwa Anda berbicara bahasa Inggris dengan seseorang, atau bahkan Anda dapat berakting bahwa Anda adalah aktor film yang Anda sukai, sehingga Anda selalu dapat melatih keterampilan berbicara Anda tanpa pasangan.
  5. BERGABUNG DENGAN KOMUNITAS BAHASA INGGRIS Jika Anda adalah tipe orang yang membutuhkan seseorang untuk diajak bicara, Anda dapat bergabung dengan klub bahasa Inggris, Anda dapat mencari tahu dari sekolah, kampus, atau online. Orang-orang yang bergabung dengan komunitas bahasa Inggris tentunya orang-orang yang dapat berbahasa Inggris dengan baik atau dalam proses untuk memperbaikinya. Saya cukup yakin jika lingkungan Anda mendukung Anda maka Anda dapat dengan mudah menyerap keterampilan itu.
  6. REKAM DIRI SENDIRI Jika Anda ingin memastikan bahwa bahasa Inggris Anda meningkat atau tidak, Anda dapat merekam diri Anda berbicara dalam bahasa Inggris, kemudian mendengarkannya, setelah itu Anda dapat membandingkannya dengan penutur asli dari film atau google translate jadi, Anda selalu dapat meningkatkan bahasa Inggris Anda lagi dan lagi sampai Anda merasa puas dengan kemampuan berbicara bahasa Inggris Anda dan cara ini juga membantu Anda untuk percaya diri berbicara dalam bahasa Inggris. Kemampuan kedua yang tidak kalah penting dan sering menjadi momok yang menakutkan bagi english learners adalah kemampuan listening, kemampuan mendengar atau listening sangat penting sekali karena jika kita tidak bisa mengerti apa yang lawan bicara kita katakan maka kegiatan komunikasi akan terganggu, lalu bagaimanakah cara untuk meningkatkan kemampuan mendengar dalam bahasa inggris? Berikut ini adalah beberapa tips untuk meningkatkan kemampuan Listening
  7. Mendengarkan Lagu Berbahasa Inggris
    Cara meningkatkan memampuan litening dengan mendengarkan lagu tentunya sangat menyenangkan , caranya yaitu mendengarkan lagu berbahasa inggris dan menyalin lirik lagu tersebut, setelah itu bandingkan dengan lirik aslinya, tentunya akan ada beberapa perbedaan namun itulah proses dari peningkatan kemampuan listening itu sendiri
    1. Menonton Video Dengan Subtitle Bahasa Inggris
      Cara ini akan membiasakan telinga kita untuk mendengar cara pengucapan bahasa inggris yang benar.
  8. KESADARAN UNTUK BELAJAR Tips terakhir yaitu semangat untuk belajar, karena ketika anda benar-benar ingin belajar sesuatu dan anda memberikan semua usaha anda untuk itu anda akan berhasil, dari tips yang saya bagikan ini saya yakin anda akan berhasil jika anda memiliki keinginan yang kuat. untuk belajar, Anda juga dapat memilih cara Anda sendiri untuk meningkatkan keterampilan berbicara Anda yang membuat Anda mudah dan menyenangkan untuk mempelajarinya.

SELALU SEMANGAT DAN KONSISTEN PASTI BISA!!

dutadamaisumbar

PENGALAMAN KU MENGENAL TOLERANSI SEJAK KECIL

Previous article

PRESS RELEASE Hari Anak Nasional 2021 di Masa Pandemi

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Edukasi