Opini

TIPS PINTAR MEMPELAJARI BAHASA ASING

0

Oleh: Ivanium Basmai


Menguasai suatu bahasa asing seperti bahasa inggris,mandarin,arab , jepang dan lain-lain di zaman sekarang ini tentunya merupakan hal yang sangat membanggakan dan bisa menunjang karir kita kedepannya. Mempelajari bahasa asing sebenernya tidak sulit jika kita mengetahui tips dan cara yang benar ketika kita hendak mempelajarinya. Berikut ini beberapa tips pintar yang bisa kita lakukan untuk mempermudah dalam mempelajari bahasa asing.
1.Tentukan Bahasa Asing Yang Ingin Dipelajari
Ada begitu banyak bahasa asing yang sangat penting di zaman sekarang yang mana dapat menunjang karir kita, namun dari sekian banyaknya bahasa asing yang ada tentunya kita tidak bisa mempelajari semuanya sekaligus, oleh karena itu kita harus menentukan dulu bahasa asing yang akan kita pelajari.

  1. Tentukan Motivasi Mempelajari Suatu Bahasa
    Setiap orang memiliki motivasi yang berbeda-beda ketika mempelajari bahasa asing misalnya seseorang ingin fasih belajar bahasa mandarin karena memiliki impian untuk kuliah di cina atau hanya sekedar bisa liburan ke cina, dan ada juga yang ingin fasih bahasa inggris karena ingin mendapatkan beasiswa ke luar negeri seperti amerika dan australia. Jika ingin mempelajari suatu bahasa maka kita harus menentukan dulu motivasi mengapa kita mempelajari bahasa tersebut.
  2. Gunakan Aplikasi Penunjang
    Di zaman yang serba internet ini tentunya banyak sekali aplikasi-aplikasi yang dapat kita manfaatkan untuk mempelancar kita dalam mempelajari suatu bahasa asing. Kita bisa mendownload melalui gawai masing-masing aplikasi-aplikasi yang berkaitan dengan bahasa yang ingin kita pelajari.
  3. Menonton Film Bahasa Asing Menonton film bahasa asing untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa asing kita adalah salah satu cara populer yang digunakan banyak orang, dengan menonton film berbahasa asing Kita dapat meniru bagaimana penutur asli berbicara dalam bahasa asing yang sedang kita pelajari, kita juga dapat belajar cara mengucapkan kata-kata dalam bahasa asing dan Kita dapat mempelajari tata bahasa dengan meniru bagaimana penutur asli menggunakan kata dan frasa bahasa asing tersebut. 5.Mendengarkan Lagu Berbahasa Asing
    Cara meningkatkan memampuan mendengar dengan cara mendengarkan lagu tentunya sangat menyenangkan , caranya yaitu mendengarkan lagu bahasa asing yang sedang dipelajari dan menyalin lirik lagu tersebut, setelah itu bandingkan dengan lirik aslinya, tentunya akan ada beberapa perbedaan namun itulah proses dari peningkatan kemampuan mendengar itu sendiri.
  4. BERGABUNG DENGAN KOMUNITAS BAHASA Asing Yang Sedang Dipelajari Jika Kita adalah tipe orang yang membutuhkan seseorang untuk diajak bicara, Kita dapat bergabung dengan komunitas bahasa asing yang sedang dipelajari, Kita dapat mencari tahu dari sekolah, kampus, atau online. Orang-orang yang bergabung dengan komunitas bahasa asing yang sedang kita pelajari tentunya berisi orang-orang yang dapat berbahasa asing dengan baik atau dalam proses untuk memperbaikinya. Saya cukup yakin jika lingkungan Kita mendukung Kita maka Kita dapat dengan mudah menyerap keterampilan tersebut.
  5. Pelajari Kosa Kata Umum Salah satu faktor yang membuat sulit untuk berbicara bahasa asing adalah kurangnya kosa kata yang membuat kita terbata-bata dalam mengucapkan kata-kata dalam bahasa asing yang sedang kita pelajari , jadi dengan mempelajari kosakata umum akan membantu Anda untuk berbicara bahasa asing dengan lancar. Anda dapat mulai mempelajari beberapa kata bahasa asing yang selalu Anda gunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti salam, perkenalan, meminta bantuan dan berbelanja.
  6. Jangan Takut Membuat Kesalahan Kebanyakan dari orang-orang yang sedang mempelajari bahasa asing adalah takut untuk membuat kesalahan dan patah semangat ketika sering mendapatkan kesalahan padahal itu adalah proses kita dalam mencapai kesuksesan dalam mempelajari suatu bahasa. Jika ingin berhasil mempelajari bahasa maka jangan takut membuat kesalahan.
  7. Semangat Dan Kesadaran Untuk Belajar Tips terakhir yaitu semangat untuk belajar, karena ketika anda benar-benar ingin belajar sesuatu dan anda memberikan semua usaha anda untuk itu maka kita akan berhasil, dari tips yang saya bagikan ini saya yakin anda akan berhasil jika anda memiliki keinginan yang kuat. untuk belajar, Anda juga dapat memilih cara Anda sendiri untuk meningkatkan keterampilan berbicara Anda yang membuat Anda mudah dan menyenangkan untuk mempelajarinya.

Itulah beberapa tips pintar yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan kemampuan bahasa asing semoga berhasil!!

Tips Pintar Menggunakan Gawai

Previous article

Menag: Jangan Identikkan Teroris Dengan Islam

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Opini