Opini

Tips Pintar Menggunakan Gawai

0

Oleh Ivanium Basmai

Gawai atau yang biasa kita kenal dengan HP merupakan benda yang membuat kita sulit lepas darinya. Mulai dari anak-anak, orang dewasa dan orang tua sebagian besar pasti menggunakan gawai karena fungsinya yang sangat membantu pekerjaan manusia. Dengan gawai kita bisa menjelah dunia dengan sekejap dan mempelajari banyak hal yang sangat mudah di akses, namun terkadang gawai juga bisa memberikan dampak negatif bagi penggunanya oleh karena itu mari kita simak tips-tips pintar menggunakan gawai berikut ini.

  1. Kurangi Bermain Game
    Bermain game memang merupakan hal yang sangat menyenangkan dan menghibur, namun jika kita telah kecanduan bermain game maka kita akan lupa waktu dan meninggalkan kewajiban –kewajiban yang seharusnya kita lakukan. Salah satu yang paling sering terkena dampak dari kecanduan bermain game adalah anak-anak sekolah yang mana menyebabkan mereka tidak mengerjakan tugas sekolah. Bermain game juga sering berdampak buruk dalam proses belajar murid-murid contohnya mereka bergadang bermain game yang menyebabkan mengantuk di sekolah pada waktu proses belajar. Alangkah baiknya mengurangi bermain game dengan cara memainkanya pada waktu-waktu tertentu , mengurangi durasi bermain dan menggunakanya ketika selesai mengerjakan kewajiban-kewajiban terlebih dahulu.
  2. Download Aplikasi Yang Berguna Saja
    Ada begitu banyak aplikasi yang bisa kita download di gawai kita yang mana aplikasi tersebut menarik untuk digunakan, namun memiliki sedikit faedah. Alangkah baiknya kita hanya mendownload aplikasi yang lebih diutamakan menunjang keahlian kita dan memudahkan pekerjaan kita dibaningkan hanya mendownload aplikasi yang lebih mengutamakan fungsi hiburan saja.
  3. Jauhkan Gawai Sebelum Tidur
    Kebanykan orang biasanya tetap menggunakan gawai ketika hendak tidur sehingga sering lupa waktu, terlebih lagi jika menggunaknya untuk membuka sosial media dan game hal tersebut sering sekali menyita waktu yang mengakibatkan kita lupa waktu dan bergadang serta notifikas sosial media yang membuat kita terbangun dan penasaran untuk menceknya. Alangkah baiknya jika kita meletakan gawai agak jauh dari tempat tidur yang membuat kita malas untuk mengambilnya. Lebih baik kita menyelesaikan hal-hal yang kita anggap penting di gawai sebelum tidur.
    4.Hapus Aplikasi Yang Tidak Penting
    Terkadang kita memiliki aplikasi yang tidak begitu penting namun kita tetap menyimpanya sehingga tanpa kita sadari itu merugikan kita sendiri. Jika kita memilki banyak aplikasi yang tidak penting dan tidak memberikan manfaat untuk perkembangan kita ada baiknya untuk menghapus aplikasi tersebut dan meningalkan yang penting-penting saja yang dapat menunjang kemampuan kita .
  4. JANGAN MENGGUNAKAN GAWAI TERLALU DEKAT DENGAN MATA
    Seperti yang kita ketahui bahwa gawai memiliki sinar radia yang dapat merusak mata oleh karena itu disarankan untuk menjaga jarak aman dari mata.
    Itulah beberapa tips menggunakan gawai dengan bijak, semoga kita bisa menajdi pengguna gawai yang bijak.

MARI TEBARKAN PERDAMAIAN DI DUNIA MAYA

Previous article

TIPS PINTAR MEMPELAJARI BAHASA ASING

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Opini