EdukasiOpini

Ramadan demi Persaudaraan Umat

0

Bulan suci ramadan adalah bulan yang sejatinya di rindukan oleh setiap umat islam di seluruh penjuru bumi. Setiap ramadan datang sejatinya umat islam di seluruh pelosok bumi ini berlomba-lomba meningkatkan kualitas kehidupan beragamanya. Hal ini berbicara sejatinya dan seharusnya namun pada kenyataannya secara umum bulan ramadan khususnya di negara berkembang kurang dimanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan kualitas agama umumnya terjadi di perkotaan di negara berkembang. Di indonesia sendiri juga terjadi hal demikian dimana bulan suci ramadan tidak berbanding lurus dengan kualitas agama seseorang.

Salah satu kualitas agama seseorang dapat dilihat dari tingkat persaudaraan mereka. Secara umum persaudaraan terdiri dari persaudaraan antar umat beragama dan persaudaraan dalam agama tertentu. Keduanya tidak ada yang lebih penting dan tidak ada juga yang tidak penting, keduanya dianggap sama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Tingkat persaudaraan antar umat beragama di indonesia telah lama berjalan walaupun tidak semuanya berjalan mulus. Persaudaraan antar umat beragama makin terlihat kental saat indonesia mengakui ada 6 agama yang berada di wilayah indonesia. Meski hanya 6 agama yang di akui dalam undang-undang di indonesia namun di indonesia juga terdapat agama lain yang sudah berjalan puluhan tahun atau ratusan tahun seperti kejawen di Blora Jawa tengah atau Sunda Wiwitan di Jawa Barat.

Meski agama/kepercayaan lokal di indonesia selain enam agama yang di akui oleh negara sudah terpinggirkan namun sebagai sesama pemeluk agama dengan landasan Pancasila seharusnya penduduk indonesia harus saling menghormati dan saling menjaga persaudaraan antar umat beragama. Islam sebagai satu-satu nya agama yang mempunyai satu bulan dalam 12 bulan yang di istimewa kan yaitu bulan ramadan merupakan waktu untuk bagaimana mewujudkan persaudaraan antar umat beragama. Jika umat islam di indonesia ingin di hormati ketika menjalankan ibadah selama Ramadan hormatilah dulu umat agama lain. Jika kita hanya terus mengatakan islam agama mayoritas di indonesia maka agama minoritas lah yang harus menghormati islam di indonesia yakinlah sangat sempit pola pikir anda.

Tingkat persaudaraan di dalam agama juga tidak kalah penting. Dimana tingkat persaudaraan sesama pemeluk agama contohnya islam harus di akui selalu menjadi prioritas oleh banyak orang di indonesia yang sering melupakan tingkat persaudaraan lainnya. Padahal tingkat persaudaraan sesama pemeluk agama menjadi dasar persaudaraan antar agama. Jika dasar sudah tidak baik maka bangunan/bagian lainpun juga akan terkena dampak yang tidak baik.

Mewujudkan persaudaraan sesama pemeluk agama paling mudah adalah saling menghormati apapun kondisi dan perbuatan yang dilakukan orang lain. Caranya adalah kalau perbuatan orang lain lain salah maka nasehati lah dengan baik dengan kata-kata yang baik pula jangan sekali-sekali menasehati dengan kata-kata yang tidak baik karena akan menciderai kehidupan beragama.

Bulan Ramadan jika dimanfaatkan dengan baik maka akan membawa dampak yang baik bagi umat islam namun jika lebih menampakkan eklusifan umat islam saja selama bulan ramadan justru akan berdampak negatif bagi umat islam sendiri.

  • Gusveri Handiko ll DD SUMBAR

Ramadan Bulan Persaudaraan

Previous article

Bentuk Peperangan di Ramadan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Edukasi