Opini

Ramadan Berbuka Bersama dalam Kebersamaan

0

By : Sulastri (opini)

Minggu, 18 April 2021 Duta Damai Dunia Maya Regional Sumatera Barat melaksanakan kegiatan Bukber  (Berbuka Puasa Bersama )Duta Damai Sumbar. Kegiatan ini dihadiri 26 orang peserta yang terdiri dari berbagai suku, ras dan agama.
Sebagaimana fungsi utamanya sebagai Support Group yang memberikan dukungan terhadap kebijakan- kebijakan yang diambil oleh BNPT, khususnya yang terkait dengan kampanye damai, baik di dunia maya maupun di komunitas-komunitas damai yang tersebar di banyak kota di Indonesia keberagaman khususnya perberdaan agama, tidak menjadi tolak ukur dalam kegiatan berbuka bersama, Duta Damai Non Muslim yang tidak menjalankan ibadah puasa juga ikut hadir dan saling menjaga toleransi.


Semangat untuk saling menjaga kesatuan dan persatuan dimulai dari generasi muda yang toleran terhadap nilai – nilai agama. Berbeda keyakinan dan cara beribadah menjadi bagian dari Bangsa Indonesia sejak bangsa ini lahir. Setiap masyarakat khususnya generasi muda berkewajiban untuk tetap mempertahankan kesatuan dan persatuan bangsa dengan mengamalkan pancasila dan semboyan Bhineka Tunggal Ika. Apalagi dalam suasana ramadan segala bentuk “kebencian” harus dihilangkan dari dalam diri kita.


Setiap agama mengajarkan tentang kebaikan, jika bisa berdampingan kenapa harus menge-nyamping-kan, jika bisa hidup damai dalam keberagaman kenapa harus betentangan. Lebih baik duduk bersama menikmati hidangan berbuka puasa sembari bercengkrama dibanding sibuk mencari cela dan celah menyebar paham – paham kebencian yang hanya akan memecah belah persatuan. Selamat menjalankan ibadah puasa ramadan dalam damainya keberagaman.

dutadamaisumbar

Relasi Iman dan Amal Shaleh

Previous article

WASPADAI AGAMA NUJUM

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Opini