EdukasiOpini

Rahasia Persatuan Bangsa di Era Milenial

0

Pemuda sebagai agen pemersatu bangsa oleh sebab itu menjadi harapan besar bagi bangsa ini dan di Harapkan mampu memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa ini, setiap bangsa memiliki jalan pemikiran yang menjadi acuan fundamental kebangsaan dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara itulah rahasia persatuan bangsa di era milenial ini.

Pancasila adalah sebuah kesepakatan bersama oleh para pendiri dan pemersatu bangsa ini yang terdiri dari prinsip ketuhanan, persatuan, musyawarah dan keadilan social yang menjadi panduan bagi bangsa dan Negara. Dan juga  sebagai dasar Negara yang sangat kita cintai dan sayangi ini.

Untuk itu kita generasi muda harus ikut berperan serta dalam menanamkan nilai pancasila , dalam hal ini maka peran dan kapasitas negara harus ditingkatkan untuk mewujudkan Indonesia yang bersatu, sejahtera, adil dan makmur. Contohnya saja dengan menerapkan Nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari seperti dilingkungan keluarga , masyarakat dan Negara kesatuan republik indonsia ini.

Oleh sebab itu kita sebagai pemuda harus memiliki prinsip atau pedoman yang menjadikan kita berjiwa nasionalis ataupun kapitalis, yaitu berpedoman kepada pancasila. Karena gagasan yang ada didalam pancasila akan menbawa kita menjadi pribadi yang diinginkan dan dibutuhkan banyak orang.

Rahasia persatuan bangsa di era milenial itu yaitu dengan banyaknya pemuda yang berperan aktif dalam upaya mempersatu bangsa dengan keberagaman yang ada, seperti halnya dengan mengadakan silaturrahmi antar bangsa yang memiliki beberapa perbedaan, dengan itu kita dapat mengenal satu sama lainnya dan dapat bermusyawarah menentukan seperti apa Negara ini kedepannya agar lebih baik lagi.

Sebagai pemuda kita juga harus saling mengingatkan  terhadap sesama akan pentingnya menanamkan pancasila di dalam jati diri para pemuda. karena dengan itu, kelak hidupan damai dan harmonis yang kita inginkan akan cepat terwujudnya dengan bersatu, yaitu satu nusa dan satu bangsa. Sebab jiwa pemuda sangatlah membara dengan semangat yang sangat berapi maka apapun yang diinginkan akan mudah tercapai itulah yang menjadi dasar semangat juang para pemuda di era milenial ini.

Ditulis oleh : Putri Wahyuni

product-image

0

Abyan Adam

Kombes Achmad Nurwahid direktur pencegahan BNPT Teroris Muncul bukan Karena Agama

Previous article

JIKA BISA BERBEDA MENGAPA SAMA ?

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Edukasi