EdukasiOpini

Perbedaan Menyatukan Kita Untuk Menjadi SAHABAT

0

Ada tiga hal yang paling berharga: kasih Sayang, keluarga, dan sahabat.
Sahabat adalah seseorang yang selalu ada ketika kita ingin berbagi cerita serta memberi perhatian ketika kita membutuhkan.
Bersama sahabat adalah kejadian yang tidak dapat terlupakan, karena bersamanya semua kejadian akan menjadi kenangan yang indah. Sahabat bukanlah yang bisa membuat semua masalahmu menghilang, tapi yang tidak akan menghilang saat kau memiliki masalah, dan beda dengan teman menghilang saat kau memiliki masalah.
Sahabat adalah mereka yang tahu ketika kamu bersedih atau terluka, bahkan jika kamu menyembunyikan semua di balik sebuah senyuman. Sahabat slalu ada untukmu ketika kamu punya masalah. Bahkan terkadang memberi saran yang koyol hanya tuk lihat kamu tertawa.

Sahabat dan teman itu berbeda. Tidak semua orang dapat menjadi sahabat, seorang sahabat akan selalu ada untuk kita dan mempunyai ikatan emosi dan batin yang kuat pada diri kita, akan tetapi seorang teman adalah orang yang hanya kita kenal dan tidak ada ikatan batin dan emosi yang sama.
Persahabatan juga tidak memandang agama, suku, atupun warna kulitnya, karena sahabar orang yang nyaman dan selalu ada untuk kita. Persahabatan beda agama pun tidak ada salahnya jika satu sama lain memberi dukungan dan mengingatkan kewajibanya kepada Tuhan nya.

“Tidak penting apapun Agama atau suku mu. Kalua kamu bisa melalukan sesuatu yang baik untuk semua orang, orang tidak pernah bertanya apa Agamamu. -Gus Dur”

Hidup di negara yang mempunyai ragam suku dan agama, membuat kemungkinan besar akan ada persahabatan yang diwarnai oleh perbedaan, terutama agama. Hubungan beda agama memang sering diremehkan dan dianggap tidak akan berlangsung lama. Tetapi sebaliknya, apapun permasalahannya aku dan kamu tetap bisa bersahabat, selamanya. Sejatinya, antara satu manusia dengan manusia yang lain pasti memiliki perbedaan. Agama dan keyakinan memang menjadi  perbedaan paling terbesar dalam kehidupan. Namun, dalam persahabatan beda agama bukan jurang pemisah atau penghalang melainkan satu tanda bahwa sahabat harus lebih saling menghargai dan menyayangi. Keragaman tidak pernah menjadi masalah yang berarti dalam persahabatan. Karena ketika memulai komitmen, sahabat harus saling memahami hak dan kewajiban satu sama lain. Bersama bukan berarti harus sama dan juga bersama bukan berarti harus bermasalah. Cinta antara sahabat itu tulus. Tidak memandang dari segi suku, ras ataupun agama. Perbedaan tentang agama memang terlihat sangat besar, namun ketika telah menjadi sahabat sudah pasti memahami satu sama lain, karena banyaknya persamaan yang menyatukan. Perbedaan dalam hubungan persahabatan merupakan sebuah anugrah. Bersama untuk saling mengisi kekurangan satu sama lain.

Buktikan pada dunia bahwa persahabatan dengan penuh perbedaan bisa berjalan sampai selama-lamanya. Bersama kita bisa!

Ketika satu sama lain sanggup untuk menerapkan toleransi, maka perbedaan akan berubah menjadi suatu hal yang manis dan indah untuk dijalani bersama. Begitulah makna agung dari sebuah persahabatan. Bersama tak harus sama, namun berbeda juga tak harus berpisah. yakinlah bahwa perbedaan dalam persahabatan hanya ujian untuk kebahagiaan yang lebih indah. Buktikan bahwa cinta di atas persahabatan mampu mengalahkan kejamnya perbedaan. Anggaplah perbedaan sebagai hal kecil. Namun Ketika dapat bertoleransi perbedaan akan membawa pengaruh besar. Beragama bukan beda, berwarna bukan tidak sama. Kadang manusia focus pada perbedaan, kita manusia diciptakan tidak ada yang sama. Cinta itu tulis tidak memandang ras, suku, agma, danlainya. Bukan hanya persamaan yang membuat kita Bahagia. Perbedaan diciptkan untuk saling melengkapi.

Bismil Tirta Jalisman

[BREAKING NEWS] Ledakan Diduga Bom Terjadi di Gereja Katedral Makassar

Previous article

Konferensi Pers Humas Polri Terkait Ledakan di Gereja Katedral Makassar

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Edukasi