Opini

PERBEDAAN BUKAN BERARTI KITA TIDAK BISA BERSATU DALAM SEBUAH KEBERAGAMAN

0

Perbedaan adalah anugrah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa yang harus kita syukuri dan pada hakikatnya manusia itu diciptakan berbeda-beda oleh sang pencipta. Dan dengan sebuah perbedaan itu kita dituntut untuk saling memahami satu sama lain agar tidak terjadinya kesalahpahaman yang dapat menimbulkan sebuah perpecahan.

Dan jika suatu perbedaan itu dapat dimaklumi satu sama lain,maka kehidupan kita akan akan terasa aman dan damai dan itu akan menjauhkan kita dari sebuah konflik yang dapat menimbulkan perpecahan. Maka dari itu kita tetap saling menghargai,menghormati,agar terciptanya kerukunan yang ada dalam sebuah keberagam

Seperti Indonesia yang memiliki suku,agama,bahasa,dan adat istiadat yang berbeda dalam setiap provinsinya.Oleh karna itu kita harus tetap menjaga setiap perbedaan yang ada di Negara kita.Dan kita tetap menanamkan sikap toleransi dalam kehidupan kita sehari-hari,apalagi kita anak muda kita harus tetap menjaga keberagaman dan jangan sampai terjadi perpecahan itu terjadi. Karna kehidupan yang damai itu sangatlah indah.

Misalnya saja di Sumatra Barat. Provinsi ini ditempati oleh banyak suku,agama,dan budaya yang berbeda. Walaupun begitu,keamanan dan kedamaian di dalamnya tetap terjaga,tidak ada konflik,dan umat beragama saling menghargai satu sama lain. Contoh nyatanya adalah umat islam dan umat kristiani.seperti saat umat islam merayakan hari raya Idul Fitri umat kristiani juga mengucapkan selamat berhari raya begitupun sebaliknya.

Perbedaan yang terjadi di Sumatera Barat tersebut mencerminkan bahwa perbedaan itu bukan alasan kita untuk tidak dapat  bersatu dalam sebuah keberagaman. Akan tetapi perbedaan dengan adanya perbedaan menjadikan kita sebagai negara yang saling toleran,saling menghargai satu sama lain sehingga menjadikan negara yang kuat dan bersatu sesuai dengan amanat Sila ke 3 yaitu Persatuan Indonesia. Oleh karna itu kita tetap bersatu dalam perbedaan dan keberagaman yang ada di negara kita.

Penulis: Gita Ivani Grasela Waruwu dan Poster : Dyky Fernando

Hore!!! Sumbar Juara Umum MTQ Nasional

Previous article

Belajar Pola Pikir Sofyan Djalil”Sang Mentri Segala Presiden”

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Opini