Opini

Pahlawan dan Perjuangan

0

Kita tahu bahwa kemerdekaan Indonesia itu diraih berkat perjuangan dan pengorbanan yang telah dilakukan oleh pahlawan kita terdahulu.

Berbicara mengenai pahlawan apakah kita tahu apa yang dimaksud dengan pahlawan? Menurut KBBI pahlawan diartikan sebagai individu yang memiliki jiwa patriotisme dalam dirinya. Patriotisme sendiri merupakan sikap berani, pantang menyerah, dan rela berkorban demi bangsa dan negara.

Coba kita bayangkan, jika dahulu tanpa adanya mereka dan jasa-jasanya, maka kita tidak akan bisa menjadi bangsa dan negara Indonesia seperti sekarang ini. Kita tidak akan bisa menikmati kebebasan dan kedamaian seperti sekarang ini.

Kemerdekaan yang telah dicapai sekarang bukanlah tujuan akhir dari perjuangan, namun hanya sebagai jembatan untuk mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia yaitu negara Indonesia yang bersatu, berdaulat , adil dan makmur.

Perlu kita ketahui, pahlawan bukan hanya mereka yang bersenjata dan berperang melawan penjajah saja , tetapi yang terus berjuang dan berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara.

Sangat disayangkan sebagian besar generasi muda hanya mengingat dan mengenang jasa jasa pahlawan ketika tanggal 10 November saja, bahkan hanya sekedar tahu sekilas tentang para pahlawan. Kita sebagai generasi penerus harus selalu banyak belajar dari para pahlawan, harus banyak meneladani sikap para pahlawan, karena dengan begitulah kita akan menjadi generasi memiliki semangat nasionalisme dan memiliki solidaritas yang kuat.

Selain itu juga, nantinya akan mampu menumbuhkan semangat, memiliki cita cita untuk mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional, cinta tanah air, serta akan selalu gigih dan giat untuk membangun masyarakat adil dan makmur.

Ditulis oleh : Ivanium Basmai

Abyan Adam

Bedakanlah Kaum Milenial dan Generasi Z

Previous article

Batik Tanah Liek, Dari Jawa Atau Minangkabau?

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Opini