Opini

Merawat Keberagaman di Masa Pandemi

0

Oleh : Husnul Hayati

Keberagaman di Indonesia adalah berkah yang harus disyukuri. Indonesian merupakan negara yang berdiri atas ragam budaya, suku, agama dan ras yang dikenal dengan semboyan bhineka tunggal ika, maksudnya yaitu berbeda-beda tetapi tetap satu.

Bersatu dalam mewujudkan Indonesia lebih baik dan membuktikan kepada dunia dengan ragamnya perbedaan yang ada, Indonesian tetap satu padu dalam segala hal.

Ditengah situasi pandemi Covid-19 yang mewabah di Indonesia seperti ini menjadikan momen untuk masyarakat Indonesia bisa saling membantu satu sama lainnya tanpa memandang suku, agama, ras dan antar golongan. Tentunya, banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk menjalin keberagaman tersebut agar tetap ada.

Lalu bagaimana cara merawat keberagaman yang ada di Indonesia ditengah masa pandemi?

Berikut ini 4 tips untuk menjaga keberagaman di Indonesia agar semakin menjadikan Indonesia sebagai negara maju di tengah masa pandemi

  1. Saling Menghargai
    Poin utama dalam mewujudkan kepaduan dalam keberagaman adalah menciptakan rasa saling menghargai satu sama lainnya. Misalnya dengan menghargai perbedaan keyakinan, perbedaan budaya, suku ataupun ras dalam lingkungan pergaulan.
  2. Membantu Satu Sama Lain
    Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa berdiri sendiri dan saling membutuhkan satu sama lainnya. Seperti saat terdapat musibah dikarenakan sulitnya faktor ekonomi di tengah masa pandemi ini maka bisa membantunya dengan mengumpulkan uang bersama dengan tetangga yang lain untuk membantu meringankan. Bersikaplah baik untuk tetap membantu lainnya. Jangan jadikan perbedaan sebagai alasan untuk tidak membantu. Tetapi, tetap berikan bantuan yang memang bisa bermanfaat untuk digunakan. Hal ini akan membuat pola kehidupan yang lebih baik.
  3. Tidak Saling Menjatuhkan
    Sebagaimana mestinya seorang saudara, maka tidak boleh untuk saling menjatuhkan. Terutama, untuk membuat keberagaman di Indonesia di tengah masa pandemi. Misalnya ada salah satu tetangga yang terinfeksi virus Covid-19, sebagai tetangga yang baik kita seharusnya memberikan dukungan karna dengan demikian akan mengurangi beban tetangga tersebut.
  4. Saling Menjalin Kebersamaan
    Baik dalam kondisi susah maupun senang, maka bisa untuk tetap menjalin kebersamaan. Jangan biarkan, saudara yang disana sedang susah maka tidak diberikan bantuan yang sesuai. Harus diberikan penanganan yang memang tepat. Padahal, saat ini sudah begitu banyak akses yang bisa dilakukan untuk tetap menjalin kebersamaan. Misalnya, saat pandemi seperti ini ada salah seorang teman dekat kita yang positif Covid-19, janganlah sekali-kali langsung menjauhinya justru dengan keadaan demikian kita membangun dan menguatkan komunikasi dengan memberikan dukungan agar dia lekas pulih dan bisa bergabung kembali bersama-sama.

Nah itulah beberapa tips agar kita sebagai masyarakat Indonesia dapat terus merawat keberagaman di tengah masa pandemi.

Cover : Dicky Vernando

Upload : Nuraini Zainal

Husnul Hayati
Writing is a place for growing up.

    Sudah Nasionalisme kah Dirimu Kawan ?

    Previous article

    Dr. Zaim Rais : Perdamaian Adalah Dambaan Bagi Setiap Manusia

    Next article

    You may also like

    Comments

    Leave a reply

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    More in Opini