Edukasi

Menyebarkan sifat toleransi di dunia maya

0


Oleh: Ivaniun Basmai
Sebagai warga negara indonesia pasti kita sangat familiar dengan istilah kebhinekaan atau keberagaman. Seperti yang kita ketahuin ideologi negera Indonesia adalah pancasila dan dipancasila terdapat semboyan “BHINEKA TUNGGAL IKA” yang bemiliki arti berbeda-beda tetapi tetap satu. Indonesia sangat kaya dengan keberagaman seperti perbedaan adat-istiadat, budaya, bahasa, dan kepercayaan sehingga sangat dibutuhkan toleransi demi terjaganya kebhinekaan diindonesia.


Namun sayangnya di zaman sekarang masih ada saja sebagian orang yang tidak toleransi yang mana hal tersebut jika dibiarkan maka lama kelamaaan bisa menjadi besar dan akan mengancam kesatuan indonesia yang selama ini sangat kental dengan sikap toleransi dan persatuanya.


Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah sikap intoleransi semakin berkembang salah satunya melalui dunia maya Di zaman sekarang ini dunia maya merupakan tempat dimana orang-orang mengekpresikan diri mereka dengan berbagai cara
Seringkali kita temukan bahwa dunia maya sering dijadikan tempat untuk melakukan bullyan kepada oran lain. Sering kali kita temukan warganet melakuan bully dengan memberikan komentar-komentar yang menyakitkan hati orang yang membacanya dan tidak jarang juga berujung kepengadilan , namun dapatkah Anda bayangkan betapa indahnya hidup jika semua orang hidup dalam damai, tidak ada kekerasan, rasisme, ujaran kebencian, dan tidak ada rasa takut disakiti. Setiap orang saling mencintai, menghormati, dan membantu tanpa membedakan suku, agama, ras, dan sebagainya.
Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan ketika kita menemukan orang-orang yang memberikan ujaran kebencian di internet yaitu sebgai berikut:

  1. Memberi tahu orang tersebut bahwa konten yang dia buat itu bisa berdampak kepada konflik dan tidak akan menyelesaikan masalah apapun.
  2. memebrti tahu orang tersebut bahwa dia bisa saja dijerat UU ITE
  3. Mereport akun tersebut
    Kita juga dapat melawan atau memerangi ujaran-ujaran kebencian yang dapat mengakibatkan perang dengan cara menjadi warganet yang baik yaitu warganet yang tidak ikut-ikutan memberikan komentar-komentar yang buruk dan tidak mudah terhasut dengan hal-hal yang mengarah kepada konflik serta ikut meramaikan dunia maya dengan hal-hal yang positif oleh karena itu mari kita bersama-sama berkontribusi mewujudkan perdamaian dunia dengan tidak memulai atau mengikuti konflik yang mengundang permusuhan di dunia maya.

Meningkatkan Kemampuan Akademik Siswa Broken Home

Previous article

TIPS MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Edukasi