EdukasiKonten Kreatif

Melawan Hoax pada Masa Pandemi Covid-19 di Dunia Maya

Ditulis oleh Husnul Hayati

0

Taukah kamu bahwa saat masa pandemi seperti ini semakin banyaknya berita bohong yang beredar di media sosial? Seperti banyaknya berita simpang-siur mengenai vaksinasi, elit politikus yang pro dan kontra terhadap proses penanganan Covid-19 dan sampai berita mengenai kerumunan ditengah masa pandemi yang dirasa meresahkan.

Sebagai pengguna media sosial, tidak asing lagi bagi kita menemukan banyaknya berita hoax yang beredar mengenai hal demikian. Kita dituntut untuk bisa memberantas hoax ditengah masa pandemi ini demi mewujudkan kesatuan dan persatuan agar segera bisa melewati masa sulit ini dengan bersama.

Lalu bagaimana cara kita menangani berita hoax pada masa pandemi ini?

Ada beberapa cara kreatif dalam melawan hoax di dunia maya:

1. Penuhi Dunia Maya dengan Konten Positif

Yakni dengan mewarnai dunia maya dengan menarasikan wacana damai di dunia maya dengan berbagai perspektif, budaya, agama dan keberagaman. Misalnya, dengan meningkatkan kesabaran yang lebih lagi pada masa pandemi berlandaskan hukum agama.

2. Narasi Tandingan

Yakni dengan menarasikan dengan tema yang serupa sebagaimana konten negatif yang beredar. Misalnya, adanya berita hoax mengenai jumlah pasien Covid-19 yang melonjak begitu drastis, tentunya akan membuat masyarakat semakin panik dan takut akan demikian. Disini kita bisa mencari sumber asli jumlah pasien dengan mengikuti perkembangan rumah sakit setempat atau info resmi dari kesehatan, dengan memberikan data-data asli dan mengedukasi agar masyarakat tidak panik.

3. Kampanye Anti Hoax

Lakukan gerakan berkelompok dengan mengajak menyuarakan perdamaian dalam membentuk kesadaran anti hoax di dunia maya. Misalnya, dengan mengajak kelompok dalam menyuarakan hastag, seperti #lawanhoax #lawancovid19.

4. Report Postingan/Akun

Lakukan report postingan/akun yang memberikan berita haox di dunia maya. Jika banyak yang melakukan biasanya TikTok/Instagram/Twitter/Facebook akan segera menanggapi dan menonaktifkan postingan/akun yang dilaporkan.

Nah, mari sama-sama kita melawan hoax ditengah pandemi ini. Mari kita menarasikan konten-konten positif yang bermanfaat bagi pengguna media sosial.

Ditulis oleh Husnul Hayati

Gambar oleh Dicki

Menakar Peran MUI Selama Pandemi Covid-19

Previous article

12 Orang Teroris Terafiliasi dengan JI di Tangkap Di Jatim

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Edukasi