Opini

MARI TEBARKAN PERDAMAIAN DI DUNIA MAYA

0

Oleh Ivanium Basmai

Di zaman sekarang ini dunia maya merupakan tempat dimana orang-orang mengekpresikan diri mereka dengan berbagai cara. Namun seringkali kita temukan bahwa dunia maya sering dijadikan tempat untuk melakukan bullyan kepada oran lain. Sering kali kita temukan warganet melakuan bully dengan memberikan komentar-komentar yang menyakitkan hati orang yang membacanya dan tidak jarang juga berujung kepengadilan , namun dapatkah Anda bayangkan betapa indahnya hidup jika semua orang hidup dalam damai, tidak ada kekerasan, rasisme, ujaran kebencian, dan tidak ada rasa takut disakiti. Setiap orang saling mencintai, menghormati, dan membantu tanpa membedakan suku, agama, ras, dan sebagainya. Setiap orang saling membantu karena saling mencintai dan menghormati ciptaan Tuhan. Sangat indah bukan?

Namun, ini masih sebatas angan-angan. Hampir setiap hari selalu ada kekerasan dan peperangan. Perang dan kekerasan tidak hanya terjadi secara fisik tetapi juga secara verbal. Di media sosial seperti yang disebutkan di atas saat ini banyak terjadi peperangan dan kekerasan yang terjadi secara lisan, kata-kata kotor, saling hujat, komentar yang tidak senonoh, bahkan postingan hal-hal yang menimbulkan permusuhan dan peperangan.

Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan ketika kita menemukan orang-orang yang memberikan ujaran kebencian di internet yaitu sebgai berikut:

  1. Memberi tahu orang tersebut bahwa konten yang dia buat itu bisa berdampak kepada konflik dan tidak akan menyelesaikan masalah apapun.
  2. memebrti tahu orang tersebut bahwa dia bisa saja dijerat UU ITE
  3. Mereport akun tersebut

Kita juga dapat melawan atau memerangi ujaran-ujaran kebencian yang dapat mengakibatkan perang dengan cara menjadi warganet yang baik yaitu warganet yang tidak ikut-ikutan memberikan komentar-komentar yang buruk dan tidak mudah terhasut dengan hal-hal yang mengarah kepada konflik serta ikut meramaikan dunia maya dengan hal-hal yang positif oleh karena itu mari kita bersama-sama berkontribusi mewujudkan perdamaian dunia dengan tidak memulai atau mengikuti konflik yang mengundang permusuhan di dunia maya.

Mari kita bersama-sama berkontribusi membanjiri dunia maya dengan hal-hal yang menyerukan perdamaian seperti bikin video pentingnya damai dan bisa juga dengan membuat blog-blog yang mengarah kepada perdamaian agar dunia ini menjadi tempat yang lebih baik untuk anak cucu kita nanti.

Meski menjamin Hak Perempuan, Taliban Tetap Tidak Membolehkan Wanita Bekerja

Previous article

Tips Pintar Menggunakan Gawai

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Opini