Opini

Mari Jadikan Masjid Sebagai Sarana Pemersatu Umat Bukan Penebar Kebencian

0

Masjid merupakan inti dari dakwah Islam yang fungsi utamanya sebagai tempat bersujud, juga tempat pendidikan beribadah kepada Allah Subhanahu wata’ala sangatlah penting. Bagian dari cara memakmurkan masjid adalah terlaksananya shalat berjamaah dan tujuan shalat itu sendiri adalah untuk mengingat Allah Subhanahu wata’ala, yang  merupakan cara yang tepat untuk mendapatkan ketenangan jiwa maupun pikiran.

Selain itu Masjid juga berfungsi sebagai sarana pendidikan, seperti penyelenggaraan kegiatan belajar mengaji. Dan bisa juga pelatihan bagi ustadz- ustadz yang mau berdakwah sekaligus sebagi sarana transfer ilmu untuk perkembangan Islam. Jadi, Masjid sebagai tempat yang memberikan kesejukan dan ketentraman adalah sebuah keniscayaan bagi Umat Islam. Disini pentingnya para pengurus Masjid dan umat untuk terus secara berkesinambungan melaksanakan fungsi utama tersebut.

Jangan sampai karena politik, Masjid dijauhkan dari fungsi utamanya. Padahal itu merupakan agenda sesaat tapi bisa melenakan. Apalagi Masjid dijadikan ajang melepaskan kedengkian pada pihak lain yang jelas-jelas dilarang oleh agama. Sebagai tempat menuntut ilmu dan bermusyawarah, wajib bagi kita semua untuk menjaga kesuciannya dari hal-hal yang mampu merobohkan akhlak. Karena bentuk dan isi mesjid mencerminkan hubungan antara sang Khaliq dengan hambanya.

Dewasa ini, kerap kita lihat dan dengar ceramah maupun pengajian yang mengarah pada ujaran kebencian yang disampaikan didepan banyak jamaah. Seakan Masjid sebagai sarana tempat ibadah yang menyejukkan menjadi hilang fungsi dengan hasutan dan teriakan dari seorang da’i yang bahkan menjurus pada provokasi.

dutadamaisumbar

PERS sehat, Negara Kuat dan indonesia Jauh dari Hoaks

Previous article

PRESIDEN “RAHASIA” HATI

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Opini