Nah sekarang kita bahas tentang apa saja sih kata-kata yang ada dalam bahasa indonesia yang diambil dari bahasa Belanda. Yok sobat damai simak penjelasannya ya!!

Bahasa Indonesia lahir pada tanggal 28 Oktober 1928 melalui ikrar para pemuda bangsa yang dikenal dengan nama Sumpah Pemuda. Sejak saat itu, bahasa Indonesia dikukuhkan kedudukannya sebagai bahasa nasional.

Mengutip laman Kemdikbud RI, bahasa Indonesia merupakan bahasa yang berasal dari bahasa Melayu. Bahasa Indonesia yang tumbuh dan berkembang dari bahasa Melayu sudah dipergunakan sebagai bahasa perhubungan (lingua franca) sejak dahulu.
Bahasa perhubungan tersebut digunakan bukan hanya di Kepulauan Nusantara, melainkan juga hampir di seluruh Asia Tenggara.

Dalam perkembangannya hingga saat ini, perbendaharaan bahasa Indonesia diperkaya oleh kata serapan dari berbagai bahasa asing. Salah satunya dari bahasa Belanda.
Kata-kata serapan itu masuk ke dalam bahasa Indonesia melalui empat cara yang lazim ditempuh, yaitu adopsi, adaptasi, penerjemahan, dan kreasi.

Apa saja contoh kata serapan bahasa Indonesia yang diadaptasi dari bahasa Belanda? Berikut ini daftarnya dikutip dari akun instagram Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Kemdikbud RI.

  1. Apotheek-Apotek
  2. Apotheek-Apotek
  3. Fabriek-Pabrik
  4. Handdoek-Handuk
  5. Hengsel-Engsel
  6. Horloge-Arloji
  7. Ingenieur-insinyur
  8. Kantoor-kantor
  9. Koelkast-kulkas
  10. Koppeling-kopling
  11. Makelaar-makelar
  12. Waskom-baskom

Itulah beberapa kata dalam bahasa Indonesia yang diadaptasi dari bahasa Belanda.

Gita Ivani Gresela Waruwu

Perjuangan Ki Hajar Dewantara pada Hari Pendidikan Nasional

Previous article

NII Yang Selalu Menghantui Indonesia

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Edukasi