Hallo, Sobat Damai! Selamat Hari Laut Sedunia!

Yap, tepat pada tanggal 8 Juni disetiap tahunnya seluruh dunia memperingati hari laut sedunia. Hari laut ditetapkan oleh PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) pada tahun 2008 yang sebelumnya sudah diusulkan oleh KTT Bumi di Brazil tahun 1993.

Jika mendengar kata ‘laut’ apa yang akan kamu pikirkan? Kapal, warna biru bersih, ikan-ikan kecil maupun besar, terumbu karang, snorkling, diving dan masih banyak lagi yang berhubungan dengan laut. Namun dari semua kata yang menggambarkan keindahan dari laut, apakah kita semua masih ingat bagaimana sampah-sampah juga ada di laut?

Banyak pemberitaan di media sosial, media elektronik dan media cetak yang sering membahas tentang sampah-sampah sisa pemakaian manusia yang dibuang ke laut. Padahal kita semua tahu bahwa di laut masih ada makhluk hidup yang juga ingin tumbuh dan berkembang layaknya manusia di habitatnya yaitu laut.

Penyu yang tersangkut oleh jaring-jaring milik nelayan yang sudah bertahun-tahun ditubuhnya, bangkai ikan yang didalam rangka perutnya banyak sampah, dan warna laut yang tidak biru lagi berubah menjadi kuning atau coklat mengkilap akibat minyak. Sangat menyedihkan saat menyaksikan atau mendengar hal tersebut di berbagai media.

Oleh karena itu, kita sebagai sesama makhluk hidup mari kita jaga dan lestarikan laut dan keindahannya dimulai dari hal-hal yang bisa dilakukan oleh diri sendiri.

  • Kurangi penggunaan plastik.

Plastik yang kita pakai sehari-hari seringkali berakhir di laut yang dapt mengakibatkan kerusakan ekosistem laut dan membunuh banyak hewan laut. Penggunaan plastik bisa dikurangi dengan cara membawa botol air yang bisa digunakan kembali atau menggunakan tas kain sebagai ganti plastik.

  • Jaga kebersihan pantai.

Jangan lupa untuk membuang sampah pada tempatnya dan membersihkan pantai dari sampah-sampah yang terlihat saat sedang berwisata di pantai. Karena sampah yang ada di pantai akan turut masuk kedalam laut saat keadaan air laut naik.

  • Menjelajahi laut dengan bertanggungjawab

Jangan pernah meninggalkan atau membuang apapun kelaut saat berlayar ataupun saat menyelam.

  • Edukasi diri sendiri dan orang sekitar tentang laut.

Saat kita mengetahui hal-hal tentang laut maka semakin besar keinginan kita untuk menjaganya. Pengetahuan yang kita miliki juga bisa kita bagikan pada orang lain agar semakin banyak orang yang peduli dengan laut.

Semua kehidupan di Bumi terhubung dengan laut dan penghuninya, oleh karena itu kita harus bekerja sama dalam melindungi laut dan menjaga kelangsungan sumber daya laut.

sumber gambar: google

Apakah Abdul Qadir Hasan Baraja Pantas Di Tangkap Polri ?

Previous article

Arti Copywriting Di Zaman Sosial Media

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.