Dalam pemasaran digital, anda pasti sering mendengar copywriting. Peran copywriting adalah sangat vital. Copywriting adalah ujung tombak dalam pemasaran digital. Apa itu copywriting?

Mungkin Anda sering menyadari kalau artikel atau tulisan-tulisan berupa ajakan dalam iklan penjualan barang atau jasa tidak dibuat dengan sembarangan.

Tulisan-tulisan ajakan tersebut dibuat oleh mereka yang khusus bekerja dalam penulisan pemasaran. Mereka adalah copywriting atau seringkali penulisnya disebut copywriter. 

Tugas copywriting adalah menjadi penghubung antara penjual atau pengiklan dengan pembeli atau konsumen melalui media tulisan, audio, gambar, video, atau jenis konten lainnya. 

Dikutip dari laman American Writers and Artist Institute (AWAI), copywriting adalah proses menulis materi pemasaran dan promosi persuasif yang memotivasi orang untuk mengambil beberapa bentuk tindakan, seperti melakukan pembelian, mengklik tautan, menyumbang, ajakan, hingga mempengaruhi orang untuk menghubungi bagian penjualan. 

Materi copywriting adalah dapat mencakup promosi tertulis yang dipublikasikan di media cetak atau online. Mereka juga dapat menyertakan materi yang diucapkan, seperti skrip yang digunakan untuk video atau iklan.

Anda mungkin tidak menyadarinya, tetapi copywriting sebanarnya ada di mana-mana.

Bahkan, jika Anda baru memulai dengan melihat kotak surat Anda, Anda akan menemukan beberapa contoh copywriting yang jelas. 

Promosi untuk restoran lokal, katalog, surat penggalangan dana dari organisasi amal, atau surat penjualan untuk berbagai produk dan layanan adalah semua bentuk copywriting.

Pada awalnya, copywriting adalah hanya digunakan dalam membuat artikel sejenis advertorial, sales letter, billboard, dan juga media pemasaran dalam bentuk tulisan lainnya. Itu sebabnya, teknik pemasaran ini disebut dengan copywriting.

Kendati demikian, di era yang serba teknologi digital dan online seperti sekarang, copywriting adalah dianggap sebagai suatu hal yang penting dalam pemasaran. 

Selain bisa dituangkan dalam bentuk tulisan, cara copywriting adalah kini juga bisa diterapkan dalam membuat suatu naskah video ataupun podcast.

Selain itu, kemampuan copywriting adalah juga bisa diterapkan dalam berbagai media pemasaran, seperti teks pada landing page, artikel blog, post media sosial, headline dan meta description, Iklan berbayar di Google atau, media sosial, judul hingga deskripsi video YouTube. 

Iklan televisi, ulasan produk di YouTube, dan bahkan video singkat tentang cara menggunakan suatu produk adalah contoh copywriting lisan.

Apabila anda bergelut di bidang pemasaran digital maka anda diharuskan untuk memiliki teknik copywriting yang mumpuni. Jikapun anda tidak mampu di zaman media sosial yang sangat pesat ini sudah sangat gampang untuk mencari seorang yang memiliki teknik copywriting yang baik.

Media sosial menjadi ladang yang besar bagi seluruh masyarakat dunia di semua kalangan untuk bersaing di industri pemasaran digital dengan biaya pemasaran yang relatif lebih terjangkau dibandingkan dengan beriklan di media telivisi, radio maupun surat kabar.

Gusveri Handiko
Blogger Duta Damai Sumbar Tamatan Universitas Andalas Padang Menulis Adalah Salah Satu Cara Untuk Berbuat Baik

    International Ocean Day

    Previous article

    Rendang Babi dan Permainan Politik Identitas

    Next article

    You may also like

    Comments

    Leave a reply

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

    More in Edukasi